Menyaksikan Keindahan Bawah Laut Takabonerate | Breaktime
Menyaksikan Keindahan Bawah Laut Takabonerate
08.02.2017

Destinasi liburan di Sulawesi Selatan tak hanya Makassar dan Toraja. B'timers penggemar wisata bahari, khususnya snorkeling dan diving, layak memasukkan Takabonerate dalam bucketlist liburan tahun ini.

Takabonerate merupakan gugusan pulau di Kabupaten Kepulauan Selayar yang masuk dalam wilayah Taman Laut Nasional Takabonerate. Pulau-pulau kecil di kawasan ini terbentuk dari letusan gunung api purba yang membentuk terumbu karang dan gugusan pulau.

Dari proses ribuan tahun tersebut muncullah berbagai terumbu karang yang membentuk "padang lamun", semacam padang rumput di dasar laut yang dihuni oleh berbagai jenis terumbu karang, ikan, dan biota laut lainnya.

Sementara itu topografi Takabonerate sendiri berupa atol atau pulau-pulau karang seluas 220 ribu hektar yang tersebar hingga 500 kilometer persegi. Kawasan ini merupakan gugusan atol terbesar ketiga di dunia setelah Kepulauan Marshall dan Maladewa.

Menyaksikan Keindahan Bawah Laut Takabonerate | Breaktime
Destinasi ini tepat untuk penggemar diving dan snorkeling

Karena keindahan destinasi ini ada di bawah laut, maka B'timers pun wajib memiliki keahlian berenang dan snorkeling. Lebih bagus lagi apabila sudah memiliki lisensi selam (dive license) sehingga bisa melihat dari dekat biota bawah laut di beberapa titik selam di Takabonerate.

Namun apabila B'timers belum punya lisensi atau belum bisa menyelam, guide lokal akan menunjukkan tempat-tempat yang cocok untuk snorkeling. Tak hanya itu, saat air laut pasang, wisatawan juga bisa menuju beberapa pulau pasir timbul di kawasan ini.

Tak kurang dari 244 jenis moluska, di antaranya lola (Trochus niloticus), triton (Charonia tritonis), batulaga (Turbo spp.), dan nautilus berongga (Nautilus pompillius) tersebar di Takanonerate. Pada sejumlah titik selam juga banyak dijumpai siput telanjang alias nudibranch.

Menyaksikan Keindahan Bawah Laut Takabonerate | Breaktime
Sekelompok ikan barakuda di perairan Takabonerate

Sementara itu dari terumbu karang, ada sekitar 261 jenis terumbu karang dari 17 famili, di antaranya Acropora palifera, Pavona clavus, dan Fungia concinna. Berbagai jenis terumbu karang ini berkolaborasi membentuk terumbu karang atol (barrier reef) dan terumbu tepi (fringing reef).

Bagaimana dengan jenis ikan yang bisa ditemui saat snorkeling atau diving di lokasi ini? Eagle ray, manta ray, hingga hiu banyak dijumpai di perairan Takabonerate dengan visibilitas antara 80 sampai 100 persen.

Menyaksikan Keindahan Bawah Laut Takabonerate | Breaktime
Penyu laut menyapa diver di Takabonerate

Biota lain yang juga menarik perhatian saya adalah penyu. Ada sekitar empat jenis penyu yang bisa ditemukan disini, yaitu Penyu Sisik (Eretmochelys imbricata), Penyu Lekang (Lepidochelys olivacea), Penyu Tempayan (Caretta caretta) dan Penyu Hijau (Chelonia mydas).

Setelah puas seharian menikmati keindahan bawah laut Takabonerate, malam harinya B'timers bisa merasakan nikmatnya kuliner lokal di homestay. Ikan bakar, bakso cakalang, dan sejenis makanan yang terbuat dari bulu babi merupakan kuliner khas suku Bajo yang wajib dicoba saat berkunjung ke destinasi ini.

Periode terbaik berkunjung ke Takabonerate adalah pada bulan April hingga Juni dan Oktober sampai Desember. Pada periode akhir tahun, Kabupaten Selayar menggelar acara Ekspedisi Takabonerate dengan berbagai agenda seperti Turnamen Memancing Internasional, Underwater Exhibition, Lomba Fotografi Bawah Laut, Pameran Seni Budaya dan Lingkungan Hidup. (za)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE