Menjelajahi Wisata Candi Terkenal di Indonesia | Breaktime
Menjelajahi Wisata Candi Terkenal di Indonesia
21.11.2017

Indonesia dahulu pernah menjadi negara Hindu-Buddha yang digdaya, tepatnya di saat berdirinya kerajaan Sriwijaya dan Majapahit yang mencakup hampir seluruh wilayah Nusantara kini serta beberapa negara tetangga. Masa-masa keemasan agama Hindu dan Buddha di Indonesia itulah yang meninggalkan banyaknya bangunan bersejarah berupa candi-candi di seluruh penjuru wilayah Indonesia. Pada masanya, aneka bangunan candi tersebut digunakan sebagai pusat ritual keagamaan, hingga pemandian maupun kompleks pemakaman.

Salah satu destinasi wisata candi terkenal di Indonesia ialah Candi Borobudur. Terletak di Kota Magelang, Jawa Tengah, Candi Borobudur yang terletak sekitar 40 kilometer dari Yogyakarta merupakan candi agama Buddha terbesar di dunia dan masih digunakan sebagai tempat ritual keagamaan di Hari Raya Waisak oleh umat di seluruh dunia. Candi yang dibangun pada masa wangsa Syailendra tersebut pernah menjadi salah satu dari 7 keajaiban dunia. Bersama dengan Candi Mendut dan Candi Pawon, Candi Borobudur menjadi bagian dari tiga serangkai candi dengan kemiripan arsitektur dan ragam hias candi.

Kemegahan bangunan candi dan statusnya sebagai situs bersejarah membuat Candi Borobudur pernah membanggakan Indonesia sebagai salah satu Situs Warisan Dunia yang diakui UNESCO pada tahun 1991. Sebagai candi peninggalan agama Buddha, Candi Borobudur menyimpan berbagai keindahan berupa filosofi tingkatan candi, ribuan panel relief, hingga ratusan arca Buddha. Bangunan candi yang diduga menyerupai bentuk bunga teratai yang dianggap suci dalam agama Buddha tersebut terbilang unik karena dibangun di atas kawasan perbukitan, alih-alih di tanah datar seperti candi pada umumnya.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Cegah Satwa Agresif, Lakukan Ini di Pulau Komodo

Kompleks candi lainnya yang tak kalah megah dibandingkan Candi Borobudur ialah Candi Prambanan. Sebagai candi agama Hindu terbesar di Indonesia, Candi Prambanan dikenal juga sebagai Candi Roro Jonggrang yang diambil dari cerita rakyat setempat mengenai kisah mitos di balik pendirian bangunan candi tersebut. Candi yang telah ditetapkan sebagai salah satu warisan dunia oleh UNESCO tersebut kabarnya dibangun sebagai bentuk persembahan bagi Trimurti, yakni tiga Dewa yang diagungkan dalam agama Hindu, yaitu Dewa Wisnu, Dewa Siwa, dan Dewa Brahma.

Destinasi wisata candi terkenal di Indonesia yang satu ini konon dibangun pada abad ke-9 dan dapat Anda temukan di Sleman, sekitar 17 kilometer dari Yogyakarta. Candi yang didirikan oleh wangsa Sanjaya tersebut konon dibangun untuk menyaingi kemegahan Candi Borobudur dan membuat candi agama Hindu yang tak kalah megah. Berbeda dengan Candi Borobudur yang merupakan sebuah bangunan candi berundak megah, kompleks Candi Prambanan sendiri terdiri dari ratusan candi yang menghadap ke empat penjuru mata angin, dengan pintu utama yang menghadap ke arah selatan. 

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Cantiknya Wisata Danau Untuk Keluarga Jawa Barat
Menjelajahi Wisata Candi Terkenal di Indonesia | Breaktime
Candi Gedong Songo

Destinasi wisata candi lainnya yang tak kalah unik ialah Candi Gedong Songo. Dibangun pada masa berkuasanya wangsa Syailendra di abad ke-9, candi peninggalan agama Hindu yang satu ini terletak di Semarang, Jawa Tengah. Salah satu keunikan Candi Gedong Songo ialah lokasinya yang berada tepat di puncak Gunung Ungaran dengan ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut. Namanya dalam bahasa Jawa berarti bahwa terdapat 9 bangunan Candi dengan arsitektur unik. Tak hanya panorama alam menakjubkan, B’timers yang berkunjung ke lokasi bersejarah ini juga bisa menikmati pemandian air panas alami.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Napak Tilas Jejak Peradaban Islam di Qutb Minar

Pemilihan nama Candi seringkali menunjukkan identitas dari bangunan ebrsejarah tersebut. Hal yang sama juga terjadi pada Candi Sewu. Terletak di Klaten, Jawa Tengah, Candi Sewu yang berarti seribu rupanya merujuk pada kisah legenda Roro Jonggrang yang juga menyelubungi cerita berdirinya Candi Prambanan yang terletak hanya 800 meter dari Candi Sewu. Candi yang dibangun jauh sebelum Candi Prambanan dan Borobudur ini konon merupakan candi agama Buddha terbesar kedua setelah Borobudur. Status istimewanya sebagai bangunan bersejarah tersebut kian paripurna dengan penampakan kompleks Candi Sewu dari udara yang menyerupai pola Mandala Wajradhatu.

Masih sama dibangun pada masa berkuasanya wangsa Syailendra, Candi Mendut merupakan candi peninggalan agama Buddha yang juga merupakan destinasi wisata candi terkenal di Indonesia yang tak kalah istimewa. Salah satu daya tarik Candi Mendut terletak pada aneka relief yang menggambarkan binatang dalam tradisi keagamaan, seperti seperti burung manyar dan kera, burung dan kura-kura, hingga kepiting dan brahma. Nah adakah dari berbagai bangunan candi tersebut yang sudah atau masih ingin B’timers kunjungi dalam liburan Anda berikutnya? (dee)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE