Menjelajah Ujung Tenggara Lombok ke Pantai Pink | Breaktime
Menjelajah Ujung Tenggara Lombok ke Pantai Pink
21.12.2016

Sudah lama Pulau Lombok terkenal dengan keindahan pantai dan pulau-pulau kecil di sekelilingnya. Itulah yang membuat saya tak pernah bosan kembali menjelajah destinasi ini. Banyak pantai di Lombok yang menjadi daya tarik wisatawan karena relatif sepi dan belum banyak dikunjungi wisatawan.

Salah satu pantai tersembunyi yang cukup unik di Lombok adalah Pantai Tangsi. Mendengar nama pantai ini B’timers mungkin masih asing. Nama lain pantai ini yang lebih populer di kalangan wisatawan lokal dan mancanegara adalah Pink Beach atau Pantai Pink.

Pantai Pink berada di wilayah Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur. Secara geografis, letak pantai ini berada di ujung selatan Pulau Lombok. Perlu waktu  3 jam dari Mataram untuk menuju pantai ini, atau sekitar 2 jam dari Pantai Kuta.

Menjelajah Ujung Tenggara Lombok ke Pantai Pink | Breaktime
Meski lokasinya cukup jauh, Pantai Pink layak dikunjungi saat berlibur di Lombok

Nama "tangsi" konon berasal dari zaman penjajahan Jepang yang berarti asrama atau barak, karena pantai ini sempat dijadikan barak militer oleh tentara Jepang. Tak jauh dari Pantai Pink, yakni di Tanjung Ringgit, bisa kita temui sisa-sisa peninggalan Jepang berupa goa dan meriam.

Saat saya kembali berkunjung ke pantai cantik ini akhir November kemarin, akses jalan menuju Pantai Pink kini sudah lebih nyaman daripada pertama kali saya ke Pantai Pink pada tahun 2013 lalu.

Hanya saja, sekitar 3 kilometer sebelum Pantai Pink, terutama di kawasan hutan Sekaroh, kondisi aspal jalan cukup rusak sehingga pengendara mobil atau sepeda motor harus lebih berhati-hati.

Lokasi Pantai Pink berada satu jalur dengan Tanjung Ringgit, destinasi wisata lainnya yang juga cukup populer di kawasan ini. Pantai Pink berjarak sekitar 200 meter dari jalan utama menuju Tanjung Ringgit.

Menjelajah Ujung Tenggara Lombok ke Pantai Pink | Breaktime
Tanjung Batu Bolong, spot lain yang menarik dari Pantai Pink

Warna pink pada pasir di pantai ini terjadi karena pasir putih yang menyatu dengan pecahan butiran-butiran terumbu karang berwarna merah. Karena bercampur dengan air laut dan pantulan sinar matahari, maka warna pasir di pantai ini terlihat merah muda atau pink.

Keindahan panorama Pantai Pink bisa dilihat dari view point yang terletak pada dua bukit yang menjorok ke lautan di ujung pantai ini. Aktivitas lain yang bisa dinikmati di pantai ini adalah island hopping dan snorkeling, dengan beberapa persewaan perahu nelayan tradisional dan alat snorkeling.

Akomodasi

Pilihan penginapan atau hotel terdekat dengan lokasi ini adalah di sekitar Pantai Kuta, dengan waktu tempuh sekitar dua jam. Tidak ada tiket masuk menuju Pantai Pink, wisatawan hanya perlu membayar karcis parkir seharga Rp 5000 untuk mobil dan Rp 2000 untuk sepeda motor.

Menjelajah Ujung Tenggara Lombok ke Pantai Pink | Breaktime
Di Pantai Pink ini wisatawan juga bisa island hopping dan snorkeling

Menuju Pantai Pink

Untuk menuju Pantai Pink, B'timers bisa mengambil jalur Praya atau Kuta. Setelah sampai di Jerowaru, akses jalan beraspal yang tak terlalu lebar akan menuju hutan Sekaroh dan tinggal mengikuti arah menuju tanjung Ringgit. Pantai Tangsi atau Pantai Pink terletak sekitar 500 meter sebelum Tanjung Ringgit.

Cara paling mudah menuju Pantai Pink adalah dengan sewa mobil atau sepeda motor, karena memang tidak ada transportasi umum yang menuju pantai unik, cantik, dan tersembunyi di bagian tenggara Lombok ini. (za)



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE