Menjelajah Pantai Berpasir ‘Tepung’ di Pulau Sebuku | Breaktime
Menjelajah Pantai Berpasir ‘Tepung’ di Pulau Sebuku
29.03.2015

Menjalajah ke Pulau Sebuku

Kawasan barat Indonesia memiliki deretan pulau-pulau kecil dengan keindahan luar biasa yang menjadikannya sebagai destinasi tropis favorit wisatawan lokal maupun mancanegara.

Masih di kawasan antara Banten dan Lampung, tepatnya di perairan Selat Sunda, terdapat gugusan kepulauan dengan pantai-pantai landai, ombak yang tenang, dan pasir putih yang sangat lembut seperti tepung.

Salah satu pulau di kawasan ini yang memiliki keindahan tersebut adalah Pulau Sebuku. Pulau tak berpenghuni ini letaknya berada sekitar satu jam penyeberangan dari Pulau Sebesi, yang merupakan pulau berpenghuni di area Kepulauan Anak Krakatau di Selat Sunda.

( Baca juga: 4 Kawasan Terbaik Pulau Moyo )

Menjelajah Pantai Berpasir ‘Tepung’ di Pulau Sebuku

Pulau Sebuku dikenal memiliki pantai yang landai, bersih, dan berpasir putih yang sangat lembut ibarat tepung, terutama di sisi timur pulau yang juga merupakan akses utama untuk masuk ke pulau ini.

Dengan ukuran pulau yang tak terlalu besar, Sebuku juga cocok untuk island hopping dan aktivitas pantai lainnya. Perairan di bagian timur memiliki ombak yang tenang dan tak terlalu dalam, sehingga B’timers bisa berlama-lama berenang di area ini.

Perairan di sekitar Pulau Sebuku juga memiliki taman bawah laut yang relatif masih alami, spot favorit para traveler yang singgah ke pulau ini untuk snorkeling dan free dive. Kalau beruntung, Anda bisa berenang dengan ubur-ubur dan penyu di sekitar Pulau Sebuku.

Menjelajah Pantai Berpasir ‘Tepung’ di Pulau Sebuku

Karena merupakan pulau tak berpenghuni, tidak ada fasilitas yang bisa didapatkan di pulau ini, seperti persewaan alat snorkeling atau warung makanan. Karena itu, membawa bekal yang cukup dan mempersiapkan alat snorkeling sendiri merupakan hal yang wajib diperhatikan sebelum mengunjungi pulau ini.

Pulau Sebuku biasanya menjadi destinasi pertama bagi beberapa traveler yang mengambil paket trip ke Anak Krakatau, sehingga dengan kondisi fisik yang masih prima dan segar, membuat Anda lebih maksimal untuk menikmati setiap sisi Pulau Sebuku yang masih alami ini.

 How to get there

Pulau Sebuku terletak di Selat Sunda, berada di gugusan kepulauan Anak Krakatau. Wilayah berpenghuni terdekat adalah Pulau Sebesi, dengan jarak tempuh penyeberangan kurang lebih satu jam. Untuk mencapai Pulau Sebuku, B’timers harus menyewa perahu motor yang bisa memuat hingga 25 orang dari Pelabuhan Canti, Lampung Selatan.

Untuk menekan biaya sewa perahu motor, usahakan datang ke pulau ini bersama grup atau rombongan. Dengan sistem share cost, Anda bisa menghemat banyak biaya untuk sewa perahu, penginapan, dan paket perjalanan. Selain itu Anda juga bisa menambah kenalan dan wawasan baru sesama traveler di satu destinasi, tak terkecuali di Pulau Sebuku.

Share This Article