Menjelajah Banyuwangi, Sudut Timur Pulau Jawa | Breaktime
Menjelajah Banyuwangi, Sudut Timur Pulau Jawa
28.10.2017

Apakah B'timers sudah pernah berkunjung ke Banyuwangi? Kota di ujung provinsi Jawa Timur ini menawarkan destinasi yang komplet, mulai dari wisata alam, taman nasional, hingga wisata budaya dan kuliner. Bagi B'timers yang sedang merencanakan liburan ke Bumi Blambangan -julukan Banyuwangi, berikut sepuluh destinasi wisata yang bisa dikunjungi di kota ini.

1. Kawah Ijen

Kawah Ijen merupakan destinasi paling populer di Banyuwangi. Terletak di puncak Gunung Ijen yang berbatasan dengan Kabupaten Bondowoso. Wisatawan harus menempuh perjalanan sekitar tiga jam dari pusat kota Banyuwangi. Untuk mendaki ke puncak, wisatawan harus melakukan trekking sekitar dua sampai tiga jam. Kawah Ijen terkenal dengan blue fire yang menyala sekitar pukul 2 sampai 4 pagi. Blue fire ini hanya ada dua di dunia, yaitu di Islandia dan Ijen.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Tempat Nongkrong di Surabaya Favorit Milenial

2. Pulau Tabuhan

Pulau Tabuhan bisa dikunjungi dengan menyewa kapal dari Pantai Bangsring yang lokasinya di antara Pelabuhan Ketapang dan Pantai Watudodol. Hanya perlu waktu 15 sampai 20 menit untuk sampai ke Pulau Tabuhan Pulau ini tak berpenghuni dan memiliki beberapa spot snorkeling dan diving. Waktu terbaik untuk ke pulau ini adalah sekita bulan April sampai September.

Menjelajah Banyuwangi, Sudut Timur Pulau Jawa | Breaktime
Fenomena api biru yang menjadi daya tarik wisatawan di Kawah Ijen

3. Pantai Syariah

Dahulu, pantai ini disebut Pantai Pandanan atau Pantai Bidadari. Kini pantai di kawasan Karangrejo ini difungsikan sebagai Pantai Syariah. Ada spanduk besar yang bertuliskan aturan menikmati pantai. Sisi kanan diperuntukkan bagi pengunjung umum dan sisi kiri bagi pengunjung wanita.  Jembatan kayu sepanjang sepuluh meter menghubungkan pintu masuk ke Pantai Syariah. Tepi jembatan dicat warna merah muda dengan pemandangan sungai dan sisa tanaman bakau.

4. Masjid Baiturrahman Banyuwangi

Masjid tertua dan terbesar di Banyuwangi ini sarat akan sejarah, terutama tentang penyebaran Islam pertama kali di Banyuwangi. Masjid ini memiliki 11 kubah dengan satu kubah utama yang bisa digeser secara otomatis, sehingga dari dalam masjid bisa langsung melihat ke langit. Dari Masjid Baiturrahman Banyuwangi ini wisatawan juga bisa berkunjung ke Taman Sri Tanjung dan Pendopo Bupati untuk mengetahui lebih banyak sejarah mengenai Banyuwangi.

Menjelajah Banyuwangi, Sudut Timur Pulau Jawa | Breaktime
Menikmati wisata bawah laut di Pulau Tabuhan

5. Desa Osing

Desa Osing atau Desa Kemiren merupakan desa wisata dimana wisatawan bisa berinteraksi dan belajar budaya Suku Osing, suku asli Banyuwangi yang konon berasal dari Kerajaan Majapahit. Tradisi lokal masih tetap bertahan sampai sekarang, seperti tradisi Barong Ider Bumi, Tumpeng Sewu, dan Mepe Kasur. Jika beruntung, saat berkunjung ke desa wisata ini wisatawan akan disambut oleh Tari Gandrung, tarian tradisional Banyuwangi.

Selain ke Desa Osing, wisatawan yang ke kawasan ini juga bisa menikmati pemandangan di Perkebunan Kopi Kalibendo dan wisata Lori Kalibbaru yang dikelola oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI).

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Tempat Makan Murah di Bandung Harga Traveler

6. Taman Nasional Alas Purwo

Ada dua taman nasional di Banyuwangi, yaitu Taman Nasional Meru Betiri dan Taman Nasional Alas Purwo, keduanya memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri. Alas Purwo berada di kawasan Tegaldilmo, sekitar tiga jam dari pusat kota Banyuwangi. Ada banyak objek wisata di Taman Nasional Alas Purwo. Yang paling populer ialah savana dan Pantai Plengkung. Di savana, wisatawan bisa melihat fauna khas beraktivitas, mulai dari babi hutan, ajag (sejenis serigala), kijang, rusa, banteng, sampai macan tutul.

Menjelajah Banyuwangi, Sudut Timur Pulau Jawa | Breaktime
Pantai berpasir putih dengan air menghijau di Taman Nasional Meru Betiri

7. Pantai Plengkung

Di kalangan wisatawan mancanegara, Pantai Plengkung lebih dikenal dengan nama G-Land. Lokasi ini terkenal sebagai lokasi surfing karena ombaknya yang dahsyat. Hanya peselancar profesional yang bermain surfing di lokasi yang disebut terbaik setelah Hawai ini. Tak hanya dari Banyuwangi, wisatawan yang datang dari Bali juga bisa menuju Pantai Plengkung dengan menumpang kapal cepat.

8. Taman Nasional Meru Betiri

Taman nasional Meru Betiri bisa dibilang kurang populer dibandingkan Taman Nasional Alas Purwo atau Taman Nasional Baluran di Situbondo. Namun di Meru Betiri terdapat beberapa spot menarik yang bisa dikunjungi seperti Teluk Hijau, Pulau Merah, dan Pantai Sukamade. Untuk menuju taman nasional ini, wisatawan harus menggunakan jeep karena medan jalan yang tak bisa dilalui mobil biasa. Di Pantai Sukamade, wisatawan bisa melihat penangkaran penyu dan melepas tukik atau penyu yang baru menetas ke lautan lepas.

Menjelajah Banyuwangi, Sudut Timur Pulau Jawa | Breaktime
Pantai Pulau Merah salah satu obyek wisata andalan Banyuwangi

9. Teluk Hijau

Teluk Hijau atau green bay letaknya cukup tersembunyi, yaitu di balik perbukitan di Taman Nasional Meru Betiri. Untuk menuju Teluk Hijau, wisatawan bisa melakukan trekking selama kurang lebih 45 menit atau menyeberang dengan perahu motor dari Pantai Rajagwesi. Sesampai di Teluk Hijau, wisatawan akan disuguhkan pemandangan pantai dengan air laut berwarna kehijauan dan pasir putih yang halus. Di ujung pantai ini terdapat Air Terjun Bidadari.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Paket Liburan ke Beijing Buat Holiday Meriah

10. Pulau Merah

Berjarak sekitar dua jam perjalanan dari pusat kota Banyuwangi, pantai Pulau Merah merupakan destinasi yang makin populer di kawasan ini. Terdapat sebuah pulau kecil yang menjadi ciri khas pantai ini. Wisatawan bisa melakukan aktivitas seperti berenang dan surfing. Ombaknya tak terlalu besar sehingga cocok bagi surfer pemula. Di sepanjang jalan kawasan ini banyak terdapat penginapan dan warung dengan menu khas Nasi Tempong dan Rujak Soto khas Banyuwangi.

Nah, ternyata cukup banyak destinasi wisata yang bisa dikunjungi bagi B'timers yang sedang merenanakan liburan ke Banyuwangi. Selamat berlibur!



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE