Ini Dia! Pemandangan dari Atas Masjid Agung Jawa Tengah | Breaktime
Menikmati Semarang dari Atas Menara Masjid Agung Jawa Tengah
26.07.2015

Semarang punya banyak lokasi menarik untuk dikunjungi. Salah satu hal yang bisa Anda lakukan saat liburan di Semarang adalah mengunjungi Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) yang terletak di pusat kota Semarang. Masjid yang diresmikan tahun 2006 ini merupakan masjid terbesar di Jawa Tengah dengan luas area 10 hektar dan luas bangunan induk untuk salat 7.669 meter persegi.

Bangunan Masjid Agung Jawa Tengah bercirikan tiga struktur arsitektural, yakni campuran Jawa, Islam, dan Romawi. Bangunan utama masjid beratap limas khas bangunan Jawa, dengan kubah besar pada bagian ujung dan 4 menara setinggi 62 meter serta satu menara terpisah setinggi 99 meter.

Ini Dia! Pemandangan dari Atas Masjid Agung Jawa Tengah | Breaktime
Siluet bangunan utama Masjid Agung Jawa Tengah

Masjid Agung Jawa Tengah juga dilengkapi 6 payung raksasa yang bisa membuka secara otomatis seperti yang terdapat di Masjid Nabawi, Arab Saudi. Tinggi masing-masing payung elektrik adalah 20 meter dengan diameter 14 meter. Payung ini dibuka tiap kali jamaah melaksanakan Salat Jumat, Salat Idul Fitri dan Idul Adha.

Baca Juga : SEMARANG, 1 KOTA DENGAN 4 DESTINASI LEBARAN WOW

Di bagian pelataran masjid terdapat 25 pilar bergaya koloseum Athena di Romawi yang dihiasi tulisan kaligrafi yang indah, sekaligus menyimbolkan 25 Nabi dan Rasul. Pada bagian gerbang tertulis dua kalimat Syahadat, serta kalimat bahasa Jawa dalam tulisan Ara, "Sucining Guno Gapuraning Gusti".

Ini Dia! Pemandangan dari Atas Masjid Agung Jawa Tengah | Breaktime
Pilar-pilar pada halaman utama Masjid Agung Jawa Tengah

Selain menjadi tempat ibadah dan kajian Islam, Masjid Agung Jawa Tengah juga difungsikan sebagai obyek wisata religius. Hal ini terlihat dari fasilitas wisma penginapan dengan kapasitas 23 kamar berbagai tipe dan kelas, sehingga peziarah dari luar kota bisa menginap di area masjid ini.

Satu lagi daya tarik utama dari MAJT adalah Menara Al Husna setinggi 99 meter yang terletak di bagian depan sebelah kanan halaman masjid. Lantai satu menara digunakan sebagai studio Radio Dakwah Islam MAJT, kemudian terdapat Museum Kebudayaan Islam pada lantai 2 dan 3, Kafe Muslim di lantai 18, serta menara pandang pada lantai 19. Untuk naik ke menara ini pengunjung dikenakan karcis masuk Rp 7000.

Ini Dia! Pemandangan dari Atas Masjid Agung Jawa Tengah | Breaktime
Pemandangan Kota Semarang dari atas menara Asmaul Husna

Di lantai 19 ini, wisatawan bisa menikmati pemandangan Kota Semarang dari ketinggian dengan menggunakan teropong pandang. Tempat ini juga digunakan sebagai lokasi pengamatan hilal oleh Tim Rukyah Jawa Tengah untuk menentukan awal Ramadhan dan Syawal.

Suasana bersih, nyaman, dan tenang di sekitar area masjid membuat pengunjung betah berada di Masjid Agung Jawa Tengah. Ajak keluarga ke lokasi ini untuk lebih mengenal seni dan sejarah Islam yang dipadu dengan budaya Jawa yang sangat kental di Semarang.

Share This Article