Menikmati Pesona Wisata Pantai Goa Cina di Malang Selatan | Breaktime
Menikmati Pesona Wisata Pantai Goa Cina di Malang Selatan
01.05.2015

Bagi penyuka wisata alam, tentu tempat yang paling sering disasar adalah pantai. Deru ombaknya, hangat pasirnya serta birunya lautan yang bertabrakan dengan cakrawala membuat kita merasa happy dan bebas di sana.

Di Indonesia sendiri, pantai-pantai di sepanjang pesisir selatanlah yang tersohor pesonanya. Selain kental dengan legenda, pantai wilayah selatan juga memiliki panorama alam memukau. Seperti hidden treasure yang ada di Malang selatan, yaitu pantai Goa Cina, salah satu dari lima pantai terkenal yang ada di Malang selatan, yakni Balekambang, Sendang Biru, Kondang Merak dan Bajul Mati.

Sebenarnya, nama asli pantai ini adalah Pantai Rowo Indah. Namun, menurut penduduk setempat, pernah ada seorang Cina yang bertapa dalam goa yang ada di pantai tersebut, dan ia pun meninggal di sana. Sejak saat itulah nama Goa Cina jadi lebih populer daripada Rowo Indah hingga sekarang. Meski tak ada catatan resminya, diyakini tragedi itu terjadi sekitar 20 tahun silam.

Untuk akses menuju Goa Cina sendiri cukup mudah, karena bisa dijangkau dengan mobil ataupun sepeda motor. Dari pantai Bajul Mati, Kecamatan Gedangan, kita bisa menempuh perjalanan selama kurang lebih 15 menit saja ke pantai Goa Cina, sebab lokasi kedua pantai ini memang cukup berdekatan, tidak lebih dari 7 km.

Jalanan aspal sampai ke daerah pantai memang mulus, namun tidak ketika akan memasuki pantai Goa Cina, sebab 500 meter sebelum memasuki pantai kita harus melewati jalan yang rusak parah dan penuh bebatuan kapur. Setelah itu ada biaya masuk Rp 5 ribu untuk parkir kendaraan. Saat kita berjalan ke lepas pantainya, hilang sudah segala perasaan penat dan galau.

Panorama alam Pantai Goa Cina yang begitu memukau
Panorama alam Pantai Goa Cina yang begitu memukau

Pantainya luar biasa indah dengan pasir putih dan airnya jernih berwana biru kehijauan yang terlihat bergradasi. Di pinggir pantai juga banyak terdapat pohon-pohon seperti pohon cembirit, ketapang, dan pohon kelapa yang memberi kesan asri dan meneduhkan.  Di tengah-tengah pantai ada tiga pulau yang disebut Pulau Bantengan, Pulau Goa Cina dan Pulau Nyonya. Ketiga pulau tersebut menambah pesona pantai ini.

Goa yang ada di pantai ini sendiri terletak di sisi kanan pantai, sekitar 50 meter di bukit karang. Goa ini bebas untuk siapa saja yang ingin masuk. Di dalamnya memang tak begitu lebar, hanya sekitar dua meter, dan dua orang bisa berjalan masuk beriringan. Meski goa ini tak cukup besar dan tak terlihat stalaktit atau stalakmit yang istimewa, namun suasana magisnya terasa kuat.

Well, curious dengan pantai Goa Cina yang punya sejuta pesona ini? Tunggu apa lagi B’timers, go go!

Share This Article