Menikmati Pesona Pulau Seribu Lembah di Bukit Warinding | Breaktime
Menikmati Pesona Pulau Seribu Lembah di Bukit Warinding
11.06.2015

B'timers yang sudah nonton film Pendekar Tongkat Emas tentu ingat adegan-adegan Nicolas Saputra di perbukitan dengan pemandangan yang cantik dan alami. Ya, lokasi tersebut ada di Pulau Sumba.
 
Pulau Sumba yang terletak di selatan Pulau Flores, provinsi Nusa Tenggara Timur, memang dikenal memiliki landscape yang masih alami dan luar biasa indahnya. Dari barisan pantai-pantai, savana, dan perbukitan di Sumba Timur, hingga danau Weekuri dan desa adat Rotenggaro di Sumba Barat Daya, semua menyimpan keunikan dan keaslian khas Sumba.

Menikmati Pesona Pulau Seribu Lembah di Bukit Warinding

Sumba memang identik dengan padang rumput dan savana yang berbukit-bukit dan menguning, terutama pada musim kemarau, dengan gerombolan kuda liar di antara lembah dan bukit. Pemandangan seperti itu bisa kita dapatkan di Bukit Warinding, Sumba Timur.
 
Tidak sulit menuju kawasan Bukit Warinding karena terletak tepat di tepi jalan raya yang menjadi akses utama dari Waingapu di Sumba Timur menuju Waikabubak di Sumba Tengah atau Tambolaka di Sumba Barat.
 
Terdapat jalur trekking yang tak terlalu panjang untuk menuju puncak terdekat dari jalan raya di Bukit Warinding. Dari puncak ini, kita bisa menuju beberapa puncak di bukit-bukit sekitarnya dengan mengikuti jalur trekking yang telah tersedia.

Menikmati Pesona Pulau Seribu Lembah di Bukit Warinding

Periode terbaik untuk mengunjungi Bukit Warinding adalah pada musim kering, antara bulan Juni sampai Oktober. Hampir sepanjang hari kita bisa mendapatkan view bagus dari area perbukitan ini. Sunrise di pagi hari, gerombolan kuda di lembah savana pada siang hari, hingga sunset yang romantis tenggelam di laut barat Sumba pada sore hari.
 
Bila mendaki bukit ini saat siang sampai sore atau pada hari libur sekolah, kita juga akan ditemani oleh anak-anak desa Warinding. Mereka biasa bermain dan menjaga kambing di sekitar bukit. Jangan lupa membawa sedikit permen atau bahkan buku bacaan sebagai kenang-kenangan untuk adik-adik kita di Bukit Warinding ini.

How to get there

Menikmati Pesona Pulau Seribu Lembah di Bukit Warinding

Bukit Warinding terletak di Sumba Timur, tepat di jalan raya menuju Waikabubak dan Tambolaka. Terdapat transportasi umum dari Waingapu menuju tempat ini, namun bila ingin puas mengeksplor Bukit Warinding, kita bisa menyewa motor atau mobil dari Waingapu dengan perjalanan kurang lebih 30 menit. Penginapan terdekat dari Bukit Warinding terdapat di Waingapu, dengan banyak pilihan hotel kelas budget dan homestay di kawasan kota dan dekat bandara.

Share This Article