Menikmati Keunikan Suvenir a la Kopi di Hanoi | Breaktime
Menikmati Keunikan dan Berburu Suvenir a la Kopi di Hanoi
14.08.2015

B'timers berencana traveling ke Hanoi? Selain keindahan Halong Bay, satu hal lainnya yang tak boleh terlewat dari Hanoi adalah kopi. Ya, Vietnam memang terkenal dengan berbagai jenis kopi yang telah diekspor bahkan sampai ke Indonesia. Dan menikmati kopi Vietnam langsung di negara asalnya merupakan salah satu hal yang tak boleh terlewat bila singgah di Hanoi.

Saat sore menjelang malam, beberapa gerai kopi di pinggir jalan mulai ramai dipadati pengunjung dan wisatawan. Mereka tak hanya menikmati kopi di lokasi, tetapi juga membeli oleh-oleh kopi untuk dibawa ke negara asal.

Gerai kopi a la Hanoi dengan mudah bisa kita temui di sepanjang jalan Old Quarter dan Walking Street Hanoi, tak jauh dari Hoan Kiem Lake yang merupakan pusat berkumpulnya anak muda dan wisatawan di Hanoi.

Menikmati Keunikan Suvenir a la Kopi di Hanoi | Breaktime
Salah satu took kopi di sekitar jalan Old Quarter Hanoi

Beragam jenis kopi bisa kita minum langsung atau bawa pulang dari kafe-kafe ini, misalnya saja kopi Arabica, Robusta, Highland, Luwak, Espresso, sampai kopi khas Vietnam, Da Lat. Bagi pengunjung yang ingin membawa pulang sebagai oleh-oleh, sejumlah kafe memiliki alat sendiri untuk membungkus serbuk kopi dalam aluminium foil. Semua proses dilakukan di tempat, termasuk proses menumbuk dari biji kopi menjadi bubuk kopi. Kemudian dilanjutkan dengan proses pembungkusan dengan aluminium foil.

Menikmati Keunikan Suvenir a la Kopi di Hanoi | Breaktime
Berbagai jenis biji kopi yang tersedia di kafe-kafe Hanoi

Tak hanya kopi untuk dikonsumsi, kafe-kafe ini juga menjual aneka suvenir bernuansa kopi, seperti miniatur penggilingan kopi serta miniatur dan bentuk asli cangkir kopi tumpuk khas Vietnam.

Pengunjung yang terbiasa minum kopi instan pun tetap bisa berbelanja di tempat ini karena kafe-kafe di Old Quarter juga menyediakan kopi instan dari berbagai merek yang sudah terkenal, termasuk yang sering kita jumpai di Indonesia.

Menikmati Keunikan Suvenir a la Kopi di Hanoi | Breaktime
Suvenir gelas kopi tumpuk khas Vietnam

Minum kopi memang sudah menjadi budaya bangsa Vietnam, tak terkecuali masyarakat Hanoi. Hal ini memang mengingatkan kita pada sejumlah destinasi di Indonesia yang juga identik dengan kopi, seperti Aceh, Belitung, hingga Bali dan Flores.

Menikmati segelas kopi Vietnam di tempat asalnya akan menambah pengalaman B'timers saat jalan-jalan di Hanoi, Ho Chi Minh City, maupun kota-kota lain di Vietnam.

Share This Article