Menikmati Keindahan Sunset Dari Pulau Umang-umang | Breaktime
Menikmati Keindahan Sunset Dari Pulau Umang-umang
31.03.2015

Indonesia dianugerahi lebih dari 13 ribu pulau besar dan kecil. Letaknya yang berada tak jauh dari khatulistiwa membuat tiap pulau memiliki spot-spot menarik untuk melihat sunrise dan sunset. Setiap daerah pun identik dengan tempat-tempat indah untuk menyaksikan matahari terbit dan tenggelam, seperti sunrise Bromo di Jawa Timur atau sunset di Kuta Bali.

Nah, Provinsi Lampung yang terletak di ujung selatan Pulau Sumatera dan bagian barat kepulauan di Indonesia pun memiliki beberapa spot sunset yang menarik, salah satunya di Pulau Umang-umang.

Nama Pulau Umang-umang memang tak setenar beberapa pulau kecil lainnya yang sudah lebih dulu terkenal sebagai destinasi tropis di Indonesia, namun pulau kecil ini memiliki spot sunset yang cukup cantik.

Menikmati Keindahan Sunset Dari Pulau Umang-umang

Pulau yang luasnya hanya sekitar dua kali lapangan bola ini terletak di Kecamatan Lampung Selatan, bisa diakses dari Pelabuhan Canti dengan waktu penyeberangan kurang lebih satu sampai satu setengah jam.

Letak Pulau Umang-umang berdekatan dengan Pulau Sebesi, yang merupakan pulau berpenduduk dengan jarak paling dekat dengan gugusan pulau-pulau vulkanis Pegunungan Anak Krakatau di Selat Sunda.

Karena ukurannya yang tak terlalu luas, Pulau Umang-umang cocok untuk aktivitas island hopping, terutama di bagian timur dengan pantai berpasir putih yang landai, serta bagian barat dengan bebatuan granit berwarna gelap khas kawasan barat Indonesia.

Menikmati Keindahan Sunset Dari Pulau Umang-umang

Sisi barat pulau yang terdiri dari bebatuan granit dan sedikit vegetasi bakau inilah yang menjadi spot sunset terbaik di Pulau Umang-umang. Posisinya yang langsung menghadap ke arah matahari tenggelam, dengan latar belakang Gunung Sebesi di seberang pulau, menjadikan suasana senja makin indah untuk dinikmati.

Waktu terbaik untuk berkunjung ke pulau ini adalah pada awal dan akhir musim kemarau, sekitar bulan April dan Oktober. Pada periode ini cuaca cukup cerah dan ombak laut relatif tak terlalu besar sehingga tidak menghalangi akses penyeberangan ke pulau mungil ini.

Pulau Umang-umang tidak berpenduduk, juga tidak ada penginapan maupun penjual makanan di sini. Fasilitas tersebut bisa B’timers dapatkan di Pulau Sebesi, yang letaknya hanya sekitar 15 menit menyeberang dari Pulau Umang-umang.

How to get there

Menikmati Keindahan Sunset Dari Pulau Umang-umang

Destinasi ini biasanya sudah masuk dalam paket wisata ke Pulau Sebesi. Traveler yang ke Pulau Sebesi hampir pasti menyempatkan waktu singgah di pulau ini saat sore, terutama ketika cuaca cerah, untuk menikmati senja sebelum kembali ke penginapan di Pulau Sebesi.

Untuk mencapai destinasi ini, B’timers harus menyeberang dengan perahu motor selama kurang lebih satu sampai satu setengah jam dari Pelabuhan Canti, Rajabasa, Lampung Selatan. Satu perahu motor bisa muat 20 sampai 25 orang. Pelabuhan Canti bisa diakses dari Bandar Lampung sekitar satu jam perjalanan normal. Sementara untuk menuju Bandar Lampung sendiri aksesnya cukup mudah, yakni dengan rute Merak - Bakaheuni dari ibu kota Jakarta.

Share This Article