Menikmati Keindahan Sulawesi Utara Dari Puncak Mahawu
Menikmati Keindahan Sulawesi Utara Dari Puncak Mahawu
24.04.2015

Banyak cara untuk menikmati keindahan kota Manado. Salah satunya dengan mendaki Gunung Mahawu, sebuah gunung yang terletak di pinggir kota Tomohon.

Jarak Manado dan Tomohon yang tak terlalu jauh menjadi salah satu alasan kenapa B'timers harus menyempatkan waktu untuk berkunjung ke kawasan pegunungan ini saat traveling ke Sulawesi Utara.

Di Tomohon sendiri terdapat 3 gunung berapi, yaitu Gunung Mahawu, Gunung Empung, dan Gunung Lokon. Nama terakhir baru-baru ini cukup terkenal karena beberapa kali mengeluarkan letusan.

Kawah-Mahawu-Dengan-Latar-Belakang-Gunung-Lokon
Kawah-Mahawu-Dengan-Latar-Belakang-Gunung-Lokon

Puncak Mahawu yang berada 1300 meter di atas permukaan laut memiliki sebuah kawah yang masih aktif. Mahawu cukup ramah bagi pendaki pemula karena sudah memiliki jalur trekking dan jalan beraspal menuju puncaknya.

Dari jalur awal trekking menuju puncak kawah Mahawu, hanya perlu waku kurang lebih satu jam berjalan kaki. Trekking tak akan terasa membosankan karena kita disuguhi pemandangan area perkebunan sayur dan persawahan penduduk, serta pemandangan di sekitar Danau Tondano.

Berbeda dengan gunung berapi lainnya yang memiliki puncak cenderung kering dan berpasir, Gunung Mahawu puncaknya hijau, dikelilingi tumbuhan dan hutan yang cukup lebat. Kawah Mahawu sendiri tak terlihat seperti danau karena sudah mengering, dengan sebuah kubangan kecil di tengah-tengahnya.

Jalur-Trekking-di-Puncak-Kawah-Mahawu
Jalur-Trekking-di-Puncak-Kawah-Mahawu

Gambaran kondisi puncak Mahawu tersebut dikarenakan gunung ini sudah lama tidak aktif. Letusan terakhir adalah pada tahun 1958, periode yang cukup lama untuk proses penggantian pasir-pasir sisa letusan dengan tanaman hijau yang membentuk hutan alami di sekitar puncak Mahawu.

Terdapat jalur trekking yang melingkar dan mengelilingi kawah Mahawu, dengan beberapa titik merupakan spot foto dengan latar belakang Gunung Lokon, Gunung Klabat, Kota Manado, Tomohon, Danau Tondano, bahkan Bunaken dan Pulau Manado Tua. Meskipun aman bagi wisatawan, pada waktu-waktu tertentu jalur ini ditutup karena potensi belerang yang tinggi dan faktor alam lainnya.

Pemandangan-Kota-Tomohon-dan-Manado-dari-puncak-Mahawu
Pemandangan-Kota-Tomohon-dan-Manado-dari-puncak-Mahawu

Tidak banyak penginapan atau hotel di kaki Gunung Mahawu karena sifat pendakian yang hanya memerlukan waktu beberapa jam saja, sehingga wisatawan yang berkunjung ke sini tak perlu menginap. Tapi bila memang ingin menikmati sunrise dan sunset di puncak Mahawu, kita bisa memilih beberapa homestay di Desa Rurukan.

How to get there

Dari Manado, kita harus menempuh perjalanan kurang lebih satu jam menuju Tomohon, dilanjutkan perjalanan sekitar 30 menit ke jalur awal pendakian Mahawu. Terdapat bus umum dari Manado ke Tomohon dengan tarif kurang lebih Rp 10 ribu, serta angkot menuju Rurukan dengan tarif Rp 3.500. Bila ingin cepat dan nyaman, bisa dengan sewa mobil per hari dari Manado dengan biaya sekitar Rp 350 ribu. 

Dengan akses dan jalur pendakian yang cukup mudah, serta pemandangan luar biasa di puncaknya, Gunung Mahawu wajib masuk dalam list destinasi B'timers saat ke Manado. Cepat jo, torang naik ke Mahawu!

Share This Article