Keindahan Pulau Tak Berpenghuni Di Ujung Sumatra | Breaktime
Mengintip Keindahan Pulau Tak Berpenghuni Di Ujung Sumatra
28.02.2017

Yang namanya liburan memang tidak pernah ada bosannya untuk dibahas, iya kan B’timers. Beruntunglah Anda yang tinggal di Indonesia ini, karena di tanah air ini ada begitu banyak sekali tempat wisata yang akan membuat Anda takjub akan keindahannya. Indonesia sebagai negara kepulauan ini memang membuatnya memiliki banyak tempat wisata alam yang sangat mempesona.

Berbicara mengenai liburan, tahukah Anda bahwa Aceh memiliki destinasi wisata yang sangat menakjubkan? Masih diseputaran Aceh yaitu Pulau Batee atau pulau Batu. Pulau eksotis ini berada di sekitar ibukota Provinsi Aceh dan sanggup menarik para wisatawan baik wisatan lokal maupun nasional.

Keindahan Pulau Tak Berpenghuni Di Ujung Sumatra | Breaktime
Pulau tak berpenghuni yang akan menawarkan liburan berbeda untuk Anda ( Photo by seputaraceh.com)

Apa yang membuat pulau ini begitu menarik dan membuatnya patut untuk dikunjungi? Pulau ini adalah pulau pribadi yang tidak berpenduduk dengan luas sekitar 70-100 hektar. Pulau ini adalah bagian dari warisan keluarga Tenku Teungoh Meuraxa. Beliau diketahui sebagai ulee balang atau raja di kerajaan bawahan Kesultanan Aceh Darussalam yang kedudukanya setara dengan sultan dalam mengelola wilayahnya.

Karena tidak berpenghuni, sudah jelas pulau ini masih sangat natural dan pastinya berbeda dengan pulau manapun. Pasalnya, pulau ini hanya dihuni oleh satwa liar seperti babi hutan, burung elang laut serta ada sapi dan anjing. Dan pulau yang tidak berpenghuni ini adalah lokasi yang sangat nyaman bagi penyu bertelur setiap tahunnya.

Untuk sampai di Pulau Batee Anda membutuhkan waktu sekitar 20-50 menit dan karena tidak berpenghuni sudah pasti tidak ada pelayaran khusus atau pun kapal yang menuju ke tempat ini. Jadi, solusinya adalah anda harus menggunakan jasa tour travel atau bisa juga menggunakan boat nelayan yang mampu mengangkut maksimal 11 orang, tapi tidak semua pawang boat mau mengantarkan ke Pulau Batee karena sulit untuk merapat ke pantai. Hal ini disebabkan banyaknya bebatuan karang yang mengelilingi pulau ini, hanya orang yang berpengalaman saja lah yang mau mengantau ke pulau tak berpenghuni ini. Jadi pilihan terbaik adalah menggunakan tour travel.

Karena ini adalah pulau tak berpenghuni sudah pasti Anda tidak akan menemukan bangunan-bangunan yang bersifat permanen ataupun komersil. Dan karena alasan itulah banyak para wisatawan yang sangat betah berlama-lama ditempat ini. Namun, yang perlu Anda ingat adalah sebaiknya Anda membawa persediaan makanan, minuman, perlengkapan memasak, senter dan perlegkapan camping lainya karena sudah dipastikan tidak akan ada penjual makanan karena pulau ini tak berpenghuni. Dan aktifitas yang sangat cocok adalah camping dengan orang-orang terdekat Anda.

Pulau Batee menawarkan kesan yang sangat natural layaknya pulau pribadi jadi Anda bisa menghabiskan waktu berharga di pulau ini sepuasnya tanpa ada gangguan dari orang lain. Anda juga bisa menyusuri hutan yang jarang terjamah oleh kaki manusia di tempat ini untuk aktifitas jungle tracking yang telah ada ataupun hiking Anda juga bisa menyusuri gua-gua menakjubkan dibawah lautnya. Tapi kalau Anda ingin menikmati keindahan pantai Anda bisa memilih untuk snorkling, diving dan pastikan Anda membawa semua perlengkapan tersebut sendiri karena tidak akan ada persewaan alat selam atau persewaan perlengkapan lainnya di tempat ini.

Bagaimana, Anda tertarik untuk berkunjung ke Pulau Batee atau Pulau Batu ini? Siapkan diri Anda untuk menjadi petualang sejati saat datang ke tempat ini dengan melihat keindahan alam yang kaya dari ujung pulau Sumatra. (dsa)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE