Mengapa Jember Jadi Kota Karnaval Indonesia? | Breaktime
Mengapa Jember Jadi Kota Karnaval Indonesia?
01.08.2017

Menyebut kota Jember pastinya tak lepas dari parade Jember Fashion Carnival. Berkat event tahunan tersebut Jember kini mendapat gelar sebagai "Kota Karnaval Indonesia".

Jember Fashion Carnaval (JFC) merupakan ajang fesyen tahunan yang digelar di Jember. Setiap tahunnya, parade ini tak hanya menampilkan karya seniman lokal dan nasional, tetapi juga dari mancanegara.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Situs Ini Ditemukan Oleh Sang Pendiri Singapura

Kementerian Pariwisata melalui Menteri Pariwisata Arief Yahya menganugerahi gelar Kota Karnaval untuk Jember berkat konsistensi kota di Jawa Timur tersebut dalam hal penyelenggaraan JFC .

Selain tampil tiap tahun di event JFC , peserta dan karya-karya seniman dari parade ini juga tampil di sejumlah perlombaan kostum internasional, seperti di Singapura dan Amerika Serikat.

Mengapa Jember Jadi Kota Karnaval Indonesia? | Breaktime
Perwakilan JFC saat tampil di Parade Chingay Singapura

Tahun ini, JFC memasuki perhelatan ke-16 dan akan kembali digelar di Alun-Alun Jember pada tanggal 9-13 Agustus mendatang dengan tema Victory Unity in Diversity.

Menurut founder sekaligus Presiden JFC Dynand Fariz, tema victory berarti kemenangan, karena di usia 16 tahun, JFC telah menorehkan banyak kemenangan di tingkat dunia.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Puncak Rembangan Jember Sempurna untuk Penjelajah

Sejumlah prestasi membanggakan dari JFC diantaranya adalah Best National Costume Miss International 2014 di Tokyo, Jepang, Best National Costume Miss Supranational 2014 di Warsawa, Polandia, Best National Costume Miss Universe 2014 di Florida, USA Best National Costume Miss Supranational 2015 di Warsawa, Polandia, Best National Costume Miss Grand International 2016 di Las Vegas Amerika Serikat dan Best National Costume Miss Tourism International 2016 di Malaysia. 

Mengapa Jember Jadi Kota Karnaval Indonesia? | Breaktime
Tahun parade internasional ini memasuki usia yang ke-16 tahun

Tahun ini, sebagai opening defile JFC 2017 akan menampilkan Sriwijaya Empire dari Provinsi Sumatera Selatan. Dipilihnya Sriwijaya Empire untuk mempresentasikan kejayaan dan masa keemasan kerajaan Sriwijaya di Palembang sebagai kerajaan maritim terbesar di Tanah Air.

JFC berhasil menjadi identitas baru yang mengantarkan Kabupaten Jember untuk go international, menciptakan awareness, membangun image dan memberi nilai tambah yang berdampak signifikan terhadap ekonomi dan pariwisata.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Intip Travel Guide ini untuk yang Akan ke Jember

Dari event JFC ini pula, Jember bisa mengemas produk-produk unggulan untuk dipasarkan di tingkat nasional dan internasional, termasuk destinasi wisata di Jember seperti Pantai Papuma dan Teluk Love.

Pagelaran JFC memang sangat menarik minat wisatawan terhadap produk-produk lokal dan destinasi lokal Jember. Tak heran jika sekarang nama Kota Jember semakin melanglang buana di kancah internasional.



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE