Menelusuri Keindahan Pura Taman Ayun Bali yang Agung | Breaktime
Menelusuri Keindahan Pura Taman Ayun Bali yang Agung
18.04.2015

Sebongkah tanah buangan dari surga, demikian orang menyebut pulau dewata ini. Ya, Bali memang punya sejuta pesona alami mulai dari alamnya yang memukau hingga budaya kental yang khas dan tak pernah mati. Karena kuatnya adat itulah, masyarakat Bali yang religius tetap melestarikan tradisi sejak zaman nenek moyang hingga sekarang.

Karenanya, selain wisata alam dan budaya yang menjadi ciri khas Bali, banyak juga Anda temui wisata religi di sana, salah satunya adalah tempat ibadah para pemeluk Hindu, yaitu pura. Nah, kali ini Breaktime akan mengajak Anda berkunjung ke sebuah pura yang agung sekaligus unik di daerah Mengwi, yaitu Pura Taman Ayun.

Pura Taman Ayun adalah salah satu pura yang diagungkan di Bali. Pura ini dibangun pada tahun 1634 oleh Raja Dinasti Mengwi. Yang mengagumkan, kompleks pura Taman Ayun didirikan di atas sebuah pulau kecil yang berada di tengah sungai, dengan bagian pura yang lebih dalam dikelilingi oleh parit. Dalam bahasa Bali sendiri, nama Pura Taman Ayun berarti “Pura Taman di Air”.

Pura Taman Ayun, wisata religi yang kental dengan budaya
Pura Taman Ayun, wisata religi yang kental dengan budaya

Menjadi bagian dari pura-pura yang melindungi Bali dari roh-roh jahat, Pura Taman Ayun dibangun dengan sejumlah teras kebun, terletak pada halaman di tingkat yang berbeda. Seluruh kompleks pura memang didesain untuk melambangkan rumah mitologi para dewa, yakni Gunung Meru, yang mengapung di atas laut keabadian.

Sementara, meru berjenjang sebelas yang dibangun di ujung sudut kanan kompleks dipersembahkan untuk dewi beras yakni Dewi Sri. Pura Taman Ayun ini dirombak dan diperbesar pada tahun 1937. Mengikuti perkembangan arsitektur pura yang ada di Bali, struktur bangunannya disesuaikan dan diubah mengikuti gaya modern pura Bali.

Hingga kini, Pura Taman Ayun menjadi salah satu objek wisata yang terkenal di Bali dan banyak dikunjungi wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Selain karena keunikan bangunannya, nuansa religi yang kental langsung menyelimuti ketika kita melangkahkan kaki ke dalam pura. Sejuk dan tenang, Anda akan merasakan kedamaian seraya berkeliling melihat-lihat.

Nah, ingin melihat langsung pura indah di atas air ini? Jadikan Pura Taman Ayun tujuan wisata B’timers berikutnya! It’s beautiful, really.

Share This Article