Menarik! Fakta Seru Wajib Tahu tentang Baubau! | Breaktime
Menarik! Fakta Seru Wajib Tahu tentang Baubau!
22.09.2016

Untuk para penggemar traveling, pasti tak asing lagi dengan Pulau Buton, kan? Terkenal dengan produk aspalnya, pulau ini juga menawarkan keindahan panorama yang sangat sayang untuk dilewatkan begitu saja, B’timers. Dan salah satu destinasi terkenal yang terletak di Pulau Buton adalah Kota Baubau. Simak 5 fakta seru tentang kota ini, yuk, B’timers!

Sejarah tentang nama Kota Baubau

Konon menurut cerita penduduk lokal, pada zaman dahulu, ada bangsawan Bugis yang datang ke Pulau Buton. Mayoritas yang tinggal di Buton memiliki gelar Andi Bau. Karena usaha dagang yang dimiliki sang saudagar pun menetap. Dengan banyaknya nama Bau, daerah tersebut pun dinamakan Baubau.

Menarik! Fakta Seru Wajib Tahu tentang Baubau! | Breaktime
Terbesar di dunia, benteng ini ada di Baubau

Benteng terluas di seluruh dunia

Jangan salah, B’timers. Hanya ada di Kota Baubau, benteng terbesar di dunia, lho. Adalah Benteng Wolio yang memiliki luas sekitar 401.911 meter persegi. Jaraknya hanya 3 kilo saja dari Kota Baubau. Termasuk salah satu objek wisata bersejarah, Anda bisa menikmati kemegahan masa lalu di sini.

Aksara Arab menjadi nama jalan

Saat berkeliling Kota Baubau, coba perhatikan nama-nama jalan yang ada di sini, B’timers. Ada yang unik dari nama jalan di Kota Baubau. Jika di kota lain Anda dapat menemukan bahasa asing di bawah tulisan nama jalan, maka di sini Aksara Wolio yang tertera. Hmm, mirip seperti Bahasa Arab, sih.

Kampung Korea dan Pulau Makassar

Mungkin penggunaan bahasa asing yang kita ketahui di Indonesia hanya beberapa saja, ya? Tapi di sini, Anda bisa menemukan penggunaan Bahasa Korea di Kampung Korea, B’timers. Bukan hanya itu saja, di Baubau juga ada Pulau Makassar, lho. Eits, bukan Kota Makassar, melainkan Pulau Makassar!

Menarik! Fakta Seru Wajib Tahu tentang Baubau! | Breaktime
Temukan naga besar di Losari-nya Baubau

Naga besar dengan mata menyala

Sudah tahu ikonnya Kota Bau-bau, B’timers? Ya, sebuah naga besar yang memiliki mata berwarna merah menyala. Anda bisa menjumpainya di Pantai Kamali. Suasananya hampir serupa dengan Pantai Losari di Makassar. Di sini Anda juga bisa menikmati berbagai jajanan murah meriah yang lezat.

Jika di Wakatobi ada Kota Wangiwangi, mungkinkah Kota Baubau adalah jodohnya yang terpisah cukup jauh, B’timers? (NO)

Share This Article