Menara Air Tirtanadi Ikon Terkenal di Kota Medan | Breaktime
Menara Air Tirtanadi, Ikon Terkenal di Kota Medan
29.09.2016

Hmm, ketika Anda berlibur ke Medan, apa yang paling melekat, B’timers? Mungkin hanya oleh-oleh khas yang berupa Bika Ambon. Well, mungkin memang tidak banyak yang tahu, ada ikon terkenal yang ada di Kota Medan, yaitu Menara Air Tirtanadi. Keberadaannya pun bisa dikatakan sangat viral bagi masyarakat yang tinggal di sini, B’timers. Yuk, intip lebih jauh tentang Menara Air Tirtanadi berikut ini!

Menara Air Tirtanadi Ikon Terkenal di Kota Medan | Breaktime
Gambar yang sama akan Anda temukan di kartu pos

Sejarah berdirinya Menara Air Tirtanadi

Didirikan pada tahun 1908 oleh Pemerintah Belanda, menara ini digunakan sebagai tempat menampung air bagi seluruh masyarakat Medan. Namun di masa itu hanya golongan menengah hingga atas saja yang bisa menikmati air bersih, B’timers. Dan selain menjadi pemasok air warga sekitar, Menara Air Tirtanadi ini sudah dijadikan landmark Kota Medan.

Terletak di persimpangan Jalan Sisingamangaraja 1, puncak menara bisa terlihat dari kejauhan, B’timers. Yang membuat Menara Air Tirtanadi semakin unik, dengan tinggi mencapai 42 meter, ditambah dengan gaya arsitek zaman kolonial Belanda, Anda bisa langsung merasakan sentuhan sejarah yang masih lekat. Meskipun telah mengalami beberapa renovasi, kekokohannya tetap terlihat jelas.

Menara Air Tirtanadi Ikon Terkenal di Kota Medan | Breaktime
Ada banyak bangunan bersejarah di Medan, lho

Penampakan Menara Air Tirtanadi saat ini

Well, saat ini ikon terkenal dari Kota Medan berdiri di tengah-tengah bangunan kota lainnya. Namun itu tak menghapuskannya dari daftar wajib kunjung wisatawan yang berlibur ke Medan, kok. Nyatanya ada banyak wisatawan yang menyempatkan diri datang ke Menara Air Tirtanadi. Untuk menuju ke destinasi ini, Anda bisa naik becak motor dari Lapangan Merdeka ke Istana Maimun atau Taman Sri Deli.

Jika ke Medan, jangan lupa untuk mampir ke ikon terkenal dari Kota Medan yang satu ini, ya, B’timers? (NO)

Share This Article