Megahnya House of Sampoerna yang Penuh Sejarah | Breaktime
Megahnya House of Sampoerna yang Penuh Sejarah
02.11.2016

Surabaya adalah salah satu kota di Jawa Timur yang memiliki banyak jejak sejarah. Banyak peninggalan-peninggalan di masa lampau yang saat ini menjadi tempat wisata. Salah satunya adalah museum rokok yaitu House of Sampoerna. Museum ini terletak di Surabaya lama.

House of Sampoerna memiliki ciri khas bangunan yang bergaya kolonial Belanda dengan pilar besar di depan gedung utama. Bangunan megah ini memang dibangun sekitar tahun 1862 yang saat ini menjadi situs sejarah yang dilestarikan.

Jejak sejarah

Bangunan yang telah ada sejak 154 tahun yang lalu ini, dulunya adalah sebuah panti asuhan yang dikelola oleh Belanda. Pada 1932, Liem Seeng Tee yang merupakan pendiri Sampoerna membeli gedung tersebut untuk dijadikan sebagai pabrik rokok pertama di Indonesia. Liem sendiri dulunya hanya seorang pedagang klontong yang rajin menabung.

Terdapat beberapa gedung di komplek museum ini. Gedung yang paling besar adalah museum. Gedung sebelah kanan adalah rumah bagi keluarga Sampoerna dan gedung sebelah kiri dijadikan café dan galeri. House of Sampoerna memiliki dua lantai.

Megahnya House of Sampoerna yang Penuh Sejarah | Breaktime
Replika toko klontong milik Liem Seeng Tee

Lantai pertama memamerkan koleksi perusahaan rokok Sampoerna yang masih dijaga hingga sekarang. Di lantai dua B’timers bisa melihat workshop 400 pekerja wanita yang melinting rokok dengan mesin tradisional. Ada juga berbagai macam merchandise yang bisa dijadikan sebagai oleh-oleh.

Koleksi museum

Keseluruhan ruangan museum ini sangat kental dengan aroma tembakau. Di dalam museum ini Anda akan diajak bernostalgia merasakan perjuangan Liem Seeng Tee dalam membangun pabrik rokok terbesar di Indonesia ini.

Megahnya House of Sampoerna yang Penuh Sejarah | Breaktime
Melihat pekerja rokok Sampoerna dari lantai dua House of Sampoerna

Anda akan melihat beberapa koleksi foto Liem dan anak keturunannya. Selain itu ada replika toko klontong milik Liem, sepeda kuno yang menjadi saksi bisu perjuangannya, dan berbagai alat pencetak bungkus dan rokoknya.

Seru banget B’timers jika Anda meluangkan waktu Anda untuk mengunjungi House of Sampoerna. Anda bisa belajar banyak di museum ini juga, lho! (vpd)



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE