Masjid Cheng Ho Surabaya dengan Keunikannya | Breaktime
Masjid Cheng Ho Surabaya dengan Keunikannya
19.07.2016

Sebagai negara dengan mayoritas penduduknya memeluk agama Islam, Indonesia tentu tidak sedikit memiliki bukti-bukti sejarah kedatangan pemimpin perang yang juga punya andil dalam penyebaran Islam di Indonesia. Salah satunya adalah Laksamana Cheng Ho, B’timers. Dalam tujuh kali ekspedisi yang pernah dilakukannya, Cheng Ho tercatat pernah singgah di beberapa wilayah Indonesia.

Bukti sejarah yang ditinggalkan Cheng Ho

Dari beberapa kawasan yang pernah disinggahi oleh Cheng Ho, Pulau Jawa termasuk daerah yang punya cukup banyak peninggalan bersejarah berkaitan dengan nama besar Laksamana. Semua memiliki bentuk yang sangat mirip dengan arsitektur bangunan yang ada di China. Beberapa contohnya adalah bangunan klenteng, pavilion, bahkan masjid.

Masjid Cheng Ho Surabaya dengan Keunikannya | Breaktime
Desain interiornya yang cukup sederhana

Keunikan destinasi Masjid Cheng Ho Surabaya

Disebutkan meskipun lokasinya tidak bersinggungan langsung dengan jejak Laksamana Cheng Ho, tetapi masjid yang terletak di Jalan Gading ini dibangun berdasarkan nilai-nilai luhur yang selalu dibawa oleh Laksamana Cheng Ho setiap kali pergi berlayar. Ukurannya memang cukup kecil. Sama seperti ukuran Ka’bah saat pertama kali dibangun.

Atap masjid memiliki ornament berbentuk persegi delapan. Ini bukan tidak memiliki makna, lho. Karena bentuk yang menyerupai sarang laba-laba ini dianggap sebagai angka keberuntungan dalam budaya Tionghoa. Tak hanya itu, warna merah yang menjadi warna dominasi masjid, berarti kebahagiaan. Dan kuning yang Anda lihat di beberapa bagiannya bermakna kedamaian.

Jika Anda memperhatikan jumlah anak tangga yang ada di pintu kanan dan kiri, jumlahnya juga berbeda, yang satu berjumlah 5 dan yang lain berjumlah 6. Kedua angka ini menyimbolkan rukun Islam dan rukun Iman milik umat Muslim yang ada di seluruh dunia. Jangan cari daun pintu, karena masjid ini memang tidak menggunakannya. Hal ini dimaksudkan karena Masjid Cheng Ho terbuka untuk umum, B’timers.

Liburan ke Surabaya? Jangan lupa kunjungi Masjid Cheng Ho, ya, B’timers? (NO)

Share This Article