Mandeh, Kembaran Raja Ampat di Sumatera Barat | Breaktime
Mandeh, Kembaran Raja Ampat di Sumatera Barat
20.05.2015

Raja Ampatnya Sumatera Barat

Tak perlu diragukan lagi bahwa Raja Ampat, Papua, memang surga destinasi wisata terbaik bagi para traveller sejati. Namun bila tempat wisata ini terlalu jauh bagi B’timers dan akses menuju ke sana pun terlalu sulit untuk dijangkau, Anda bisa bertandang ke Mandeh, Sumatera Barat.

Yap, kembaran Raja Ampat yang terletak di Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat ini merupakan kepulauan yang keindahannya telah mendunia karena keragaman koleksi bahari yang dimiliki. Dari Kota Padang, kawasan ini berjarak 56 kilometer atau butuh waktu 70 menit perjalanan dengan mengendarai mobil.

Sungguh, keadaan biota laut di Kepulauan Mandeh ini benar-benar akan membuat Anda terkesima. Beragam jenis terumbu karang dan ikan-ikan cantik siap membuat Anda terbius dengan pesonanya. Tercatat  ada 8 titik diving di sekitar Mandeh dan yang paling terkenal adalah spot kapal karam Belanda di kedalaman 27 meter yang sangat menantang.

(Baca juga: Wisata Desa Adat Rotenggaro)

Bentang alam pesona Kepulauan Mandeh
Bentang alam pesona Kepulauan Mandeh

Selain menikmati keindahan biota laut Kepulauan Mandeh, tak ada salahnya pula bila Anda berkunjung ke kampung yang namanya diambil sebagai nama destinasi kembaran Raja Ampat ini. Di Kampung Mandeh, Anda akan dimanjakan dengan pemandangan spektakuler yang merupakan perpaduan perbukitan alami dengan keindahan teluk cantik yang dihiasi dengan gugusan pulau-pulau kecil yang berada di bagian tengah Teluk Carocok Tarusan.

Di Teluk Carocok Tarusan ini, Anda bisa menemukan spot terbaik untuk melakukan snorkeling yang dijamin memberikan pengalaman tak terlupakan. Selain perairannya yang jernih, kawasan yang cukup landai dan tidak berombak ini juga memiliki beberapa pulau kecil seperti Pulau Traju, Pulau Setan Kecil, Sironjong besar dan kecilm serta Pulau Cubadak.

Masing-masing pulau tersebut memiliki daya pikat yang unik. Maka tak heran bila sejumlah turis mancanegara pun kerap mampir ke sini lebih dari sekali demi menyaksikan keindahan Kepulauan Mandeh.

Well, bagaimana? Apakah B’timers tertarik untuk segera bertandang ke kepulauan kembaran Raja Ampat ini sekarang juga? Datang dan buktikan sendiri apakah Mandeh memang benar-benar mirip dengan Raja Ampat atau justru sebaliknya.

Share This Article