Malaysia Ternyata Punya Gua Terbesar Di Dunia! | Breaktime
Malaysia Ternyata Punya Gua Terbesar Di Dunia!
13.01.2017

Siapa bilang pesona Malaysia hanya ada di Kuala Lumpur? B’timers doyan berpetualang? Gunung Mulu National Park atau Taman Nasional Gunung Mulu jadi pilihan yang tepat untuk Anda yang cinta banget dengan wisata alam. Keindahan alam di Taman Nasional Gunung Mulu ini memang unik sekali.

Selain memiliki keunikan tersendiri, Taman Nasional Gunung Mulu ini juga memiliki gua terbesar di dunia, namanya Sarawak Chamber. Bahkan, gua ini juga terdaftar dalam salah satu warisan dunia UNESCO. Bagaimana tidak, gua ini berada pada kedalaman tanah 700 meter dengan tinggi 70 meter. Bila diibaratkan, gua ini mampu menampung 40 buah boeing 747 tanpa tumpang tindih sayap. Wow!

Gua ini atau tepatnya Taman Nasional Gunung Mulu terletak di kota Serawak. Untuk sampai di gunung Mulu Anda bisa melakukannya dengan dua cara, yaitu dengan menggunakan kapal atau pesawat.

Jika menggunakan kapal, Anda bisa naik kapal ekspres dari Kuala Baram ke Marudi dengan jarak tempuh selama tiga jam perjalanan laut. Setelah itu, Anda bisa naik fast boat menuju Kuala Apoh atau Long Panai di sungai Tutoh. Kapal ini selalu berangkat dari Marudi setiap hari saat siang atau tengah hari. Kemudian kembali ke Marudi saat pagi harinya.

Malaysia Ternyata Punya Gua Terbesar Di Dunia! | Breaktime
Tebing-tebing di sekitar Taman Nasional Gunung Mulu. (Photo by nyobain.com)

Sedangkan melalui jalur udara, Anda bisa menumpangi Malaysia Airlines (Maswings) yang beroperasi sebanyak tiga kali penerbangan saja. Anda bisa naik pesawat dari Miri ke Mulu dengan jarak tempuh penerbangan hanya 30 menit. Setelah itu, Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan kendaraan pribadi atau menyewa.

Ketika sampai di Taman Nasional Gunung Mulu, Anda akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar RM10 atau sekitar Rp 30 ribu. Nah, saat Anda berada di Taman Nasional Gunung Mulu, Anda harus menggunakan jasa pemandu atau guide untuk melakukan trekking. Kecuali jika Anda sudah ahli dan sering berkunjung ke sana.

Taman Nasional Gunung Mulu tidak hanya memiliki gua terbesar di dunia, tetapi juga memiliki lorong gua terbesar di dunia yang diberi nama Deer Cave. Gua ini sanggup menampung 5 gereja St. Paul di London lho!

Ada juga Clear Water Cave yang jadi gua terpanjang di Asia Tenggara. Masih ada dua gua lagi, yaitu Lang Cave dan Wind Cave. Uniknya, gua-gua ini masih jadi sarang jutaan kelelawar dan wallet. Didukung dengan suasanya gua yang asri ditanami dengan pohon-pohon dan ada juga tebing-tebing kapur yang menjulang kokoh. Keren banget deh, B’timers!

Malaysia Ternyata Punya Gua Terbesar Di Dunia! | Breaktime
Penampakan Clear Water Cave yang cantik banget! (Photo by worldtravelserver.com)

Di dalam gua tersebut juga masih dilapisi dengan dinding-dinding stalaktit dan stalagmit. Dinding batu ala mini bakal keren banget dan memanjakan mata Anda ketika disinari oleh cahaya.

Nah, tidak hanya menikmati keindahan dan keunikan gua terbesar di dunia. B’timers yang hobi banget mendaki juga bisa tuh menikmati pendakian di pegunungan Mulu. Medan pendakiannya terdiri dari bebatuan yang besar dan tinggi. So, sebelum berangkat Anda juga harus menyiapkan alat-alat pendakian untuk medan berbatu.

Untuk berpetualang di Taman Nasional Gunung Mulu ini Anda bisa melakukannya selama dua hari. Tetapi, untuk jam operasional pos di Taman Nasional Gunung Mulu mulai dari jam 8 pagi sampai 5 sore saja.

Bagaimana B’timers? Jadi penasaran dan tertarik kan untuk pergi ke Taman Nasional Gunung Mulu. Yup, memang Malaysia tak melulu Kuala Lumpur saja. Terbukti dengan wisata alam yang menakjubkan dan tak kalah indahnya dengan negara lain. (vpd)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE