Madakaripura, Kemegahan Air Terjun dan Kisah Gajahmada | Breaktime
Madakaripura, Kemegahan Air Terjun dan Kisah Gajahmada
22.03.2015

Gunung Bromo tak hanya terkenal dengan keindahan sunrise, pasir berbisik, atau kawahnya yang sakral. Pegunungan di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ini juga memiliki destinasi megah lainnya, air terjun Madakaripura.

Air terjun setinggi 200 meter ini terletak di Kecamatan Lombang dan dapat ditempuh kurang lebih satu jam perjalanan dari kawasan Bromo. Madakaripura merupakan air terjun tertinggi di Jawa dan tertinggi kedua di Indonesia setelah Air Terjun Sigura-gura tak jauh dari Danau Toba, Sumatera Utara. 

Dalam perjalanan menuju pintu masuk air terjun Madakaripura ini, B’timers akan disuguhi pemandangan pegunungan khas Tengger, yaitu jalanan berkelok dan perkebunan warga di lereng gunung. Sebuah patung yang menggambarkan sosok Mahapatih Gajahmada yang sedang duduk bermeditasi juga akan menyambut Anda di area masuk air terjun Madakaripura.

Madakaripura, Kemegahan Air Terjun dan Kisah Gajahmada

Madakaripura memang tak bisa lepas dari kisah Gajahmada. Air terjun ini diyakini sebagai tempat meditasi terakhir mahapatih terkenal di masa kerajaan Majapahit itu. Menurut kisah Jawa Kuno, sebuah goa di dekat air terjun ini dijadikan Gajahmada sebagai tempat meditasi terakhir sebelum moksa, menghilang secara spiritual dan fisik dari muka bumi. Hingga kini masih banyak orang yang datang ke air terjun ini untuk bermeditasi atau melakukan ritual, terutama pada malam Tahun Baru Jawa, sehingga tempat ini juga dikenal sakral dan historis.

Air terjun Madakaripura berbentuk ceruk yang dikelilingi bukit-bukit dan meneteskan air pada seluruh bidang tebingnya, sehingga memberi kesan eksotis seperti hujan tanpa henti bagi orang yang melintas di bawahnya. Untuk sampai ke area dalam air terjun, Anda harus berjalan kurang lebih 30 menit dari patung Gajahmada. Sekarang ini sudah dibangun jembatan khusus pejalan di tepi aliran sungai. Dahulu sebelum adanya jembatan ini, pengunjung harus naik turun melintasi sungai berbatu dengan arus air yang cukup besar.

Madakaripura, Kemegahan Air Terjun dan Kisah Gajahmada

Berhati-hatilah di sekitar area air terjun karena tetesan air membuat bebatuan dan tanah yang Anda lewati jadi sangat licin. Selain itu amankan barang bawaan seperti dompet, handphone, dan kamera dengan dibungkus plastik atau drybag. Tak ada salahnya Anda membawa payung atau jas hujan bila tak ingin benar-benar basah kuyup di air terjun ini.

Akomodasi

Karena masih berada di area kawasan Taman Nasional Bromo-Tengger-Semeru, B’timers bisa memasukkan air terjun Madakaripura dalam satu paket perjalanan ke Bromo, sehingga tak perlu menyewa penginapan lagi. Terdapat beberapa penginapan favorit di Bromo seperti Lava Vie, Cemoro Indah, atau Bromo Permai. Selain itu, sudah banyak pilihan hotel budget di Malang dan Surabaya yang menyediakan paket tour Bromo dengan harga terjangkau.

How To Get There

Madakaripura, Kemegahan Air Terjun dan Kisah Gajahmada

Cara terbaik menuju air terjun Madakaripura adalah memasukkannya dalam paket perjalanan ke Bromo, baik itu saat berangkat atau pulang tergantung alokasi waktu yang disediakan karena jalur Madakaripura masih satu arah dengan perjalanan menuju Bromo dari arah Probolinggo, Pasuruan, dan Surabaya. 

Sebagai destinasi yang kental nuansa historis, sakral, dan pemandangan alam yang memukau, Madakaripura layak masuk dalam bucketlist B'timers yang ingin berpetualang ke Jawa Timur, khususnya Gunung Bromo.

Share This Article