Lokasi Pantai Sawarna Tawarkan Sejuta Keindahan l Breaktime
Lokasi Pantai Sawarna Tawarkan Sejuta Keindahan
03.08.2017

Terletak di Provinsi Banten, tepatnya di Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, keindahan alam berupa Pantai Sawarna merupakan pesona tepi laut yang cukup belum banyak terjamah. Berbeda dengan pantai Pelabuhan Ratu dan Pangandaran dan mayoritas pantai-pantai di selatan Jawa yang lumayan ramai pengunjung serta penuh riuh pedagang dan sampah berceceran, Pantai Sawarna terhitung cukup sepi sehingga masih terjaga pesonanya. Begitu B’timers memasuki wilayah desa Sawarna, Anda akan disambut dengan hamparan hijau sawah, suasana damai ala pedesaan, serta udara yang sejuk menenangkan.

Di sekitar lokasi desa dan Pantai Sawarna, terdapat rangkaian keindahan alam seperti gemericik sungai, bukit berbatu, gua alam, serta tak ketinggalan debur ombak yang saling bersahutan dan bentangan pasir putih pantai yang masih perawan. Saat B’timers berkunjung ke lokasi Pantai Sawarna, cobalah untuk meluangkan waktu bersantai di tepi pantai menjelang senja untuk menikmati kecantikan sunset dan hidangan ala pantai seperti jagung dan ikan bakar di berbagai bale tradisional di sekitarnya.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Melihat lebih dekat Eksotisme Pulau Bintan

Tapi jangan salah lho, B’timers. Terletak 40 km di sebelah timur Pelabuhan Ratu, Sawarna sendiri rupanya merupakan nama desa yang menjadi pusat wisata beragam pantai yang berdekatan, yakni Pantai Ciantir, Pantai Legon Pari, Pantai Karang Taraje, Pantai Karang Bokor, Pantai Karang Seupang, serta yang paling memesona, Pantai Tanjung Layar. Nama Pantai Tanjung Layar sendiri berasal dari Karang Tanjung Layar yang terletak di lepas pantai dan berbentuk seperti layar kapal. Berbagai pantai di desa Sawarna tersebut saat ini mulai terkenal di kalangan mancanegara, terutama para peselancar dari Amerika Serikat, Australia, Jepang, maupun Korea.

Apabila tak berminat berselancar, Anda dapat menjajal fasilitas snorkeling yang ditawarkan di hampir setiap pantai. Tak ketinggalan, terdapat berbagai gua alam yang dapat Anda jelajahi, seperti Gua Lalay, Gua Sikadir, Gua Cimaul, Gua Singalong, dan Gua Pasar Tangkil. Selain keindahan alamnya, Sawarna juga kental dengan legenda Nyi Roro Kidul sang tokoh mistik Ratu Pantai Selatan. Karena itu, selain menyiapkan berbagai perlengkapan berlibur, Anda juga perlu memperhatikan berbagai pantangan setempat agar liburan Anda di Sawarna tetap nyaman dan bebas gangguan.

Lokasi Pantai Sawarna dan indahnya sunset (easytourbandung.com)

BACAJUGA:2

Sawarna berbatasan dengan hutan lebat membentang dan Taman Nasional Gunung Halimun Salak di bagian utara, serta Samudera Hindia di selatannya. Artinya, Sawarna hanya dapat dicapai dari sebelah timur dan barat. Dari arah barat, B’timers dapat berkendara dari Cilegon sepanjang pantai barat melalui Labuhan menuju ke pantai selatan, hingga berakhir di Sawarna.  Untuk mencapai rangkaian lokasi Pantai Sawarna dari Jakarta, Anda dapat berkendara melewati tol dari Tomang menuju exit toll Serang, selanjutnya mengarah ke Saketi di Pandeglang, lalu mengambil rute Pandeglang – Malimping – Bayah – Sawarna. Rute alternatif selain itu berawal dari Rangkasbitung, lalu berlanjut Cileles – Gunung Kencana – Malimping, hingga berakhir di Bayah lalu Sawarna.

Perjalanan dari Jakarta ke Sawarna normalnya akan memakan waktu 4,5 hingga 5 jam, hingga 6-7 jam saat musim liburan karena kurangnya kapasitas badan jalan dan lalu lintas yang padat. Dari arah kota Bogor, Sawarna dapat ditempuh sejauh 145 km melalui Cilograng. B’timers juga dapat mencapai Sawarna dengan menggunakan bus umum dari Jakarta ke Pelabuhan Ratu, kemudian dilanjutkan dengan mini bus yang akan membawa Anda langsung ke Sawarna hanya dengan biaya Rp 35.000,00. Selanjutnya, terdapat fasilitas jeep dari Terminal Bayah ke Sawarna. Sayang, jeep-jeep tersebut melalui jalan makadam berbatu yang masih belum diaspal serta hanya beroperasi sebelum jam 5 sore.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Penawaran Perjalanan Terbaik Liburan ke Semarang

Karena lokasi Pantai Sawarna masih terhitung sepi pengunjung, Anda harus berhati-hati dalam memilih tempat makan dan lokasi penginapan. Alih-alih mengandalkan jasa calo, Anda dapat mengikuti paket liburan dari travel agent ternama di kota Anda. Berikut ini terdapat beberapa rekomendasi penginapan yang dapat Anda coba.

Malibo Resort Sawarna cottage, terletak di Kompleks Pantai Tanjung Layar dengan harga mulai dari Rp 250.000,00 per malam.

Andrew Homestay, berlokasi di Jalan Sawarna KM 1 tepat di samping convenience store Indomaret, dapat Anda nikmati dengan tarif mulai dari Rp 450.000,00 per malam.

Sawarna Paradiso (Cottage Sawarna), terdapat di Jalan Raya Sawarna dan dapat Anda nikmati dengan harga mulai dari Rp 400.000,00 per malam.

Bukit Indah, bertempat di Desa Sawarna dan mematok tariff Rp 350.000,00 per malam.

Selamat menikmati beach getaway Anda ya, B’timers! (dee)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE