Liburan ke Sulawesi? Ini 10 Destinasi Topnya! | Breaktime
Liburan ke Sulawesi? Ini 10 Destinasi Topnya!
31.01.2017

Manado dan Makassar adalah dua kota yang sudah lama terkenal sebagai kawasan destinasi wisata di Pulau Sulawesi. Tapi tahukah B'timers bahwa Sulawesi masih punya banyak destinasi eksotis untuk dikunjungi?

Sulawesi yang terdiri dari enam provinsi ini memiliki destinasi wisata yang relatif masih alami, sepi, dan jarang dikunjungi sehingga pantai masuk bucketlist B'timers untuk tahun ini. Berikut lima di antaranya.

1. Pulo Cinta

Seperti namanya, pulau ini memiliki bentuk menyerupai hati (lambang cinta). Keindahan pulau ini makin sempurna dengan keberadaan cottages dengan desain yang unik dan romantis. Harga sewa cottage bisa mencapai Rp 5 juta per malamnya. Untuk menuju lokasi Pulo Cinta, wisatawan harus menempuh perjalanan menuju Boalemo, Talimuta, dan Pantai Balihutuo di Provinsi Gorontalo. Dari Balihutuo inilah wisatawan akan menyeberang menuju Pulo Cinta.

2. Whale Shark

Berani berenang bersama ikan paus raksasa? Kalau berani, B'timers bisa berkunjung ke Gorontalo, tepatnya di kawasan perairan laut Desa Botu Barani. Di kawasan ini sering muncul hiu paus atau lebih dikenal dengan istilah Whale Shark. Hiu paus di lokasi ini tidak menyerang manusia dan mencari makan dari sisa-sisa produksi udang yang dihasilkan oleh masyarakat setempat.

Liburan ke Sulawesi? Ini 10 Destinasi Topnya! | Breaktime
Resort unik menjadi daya tarik wisatawan ke destinasi romantis ini

3. Pulau Saronde

Masih di Gorontalo, satu lagi surga kecil dan tersembunyi di kawasan ini adalah Saronde. Pulau yang luasnya hanya 1 kilometer persegi ini bisa ditempuh dalam waktu sekitar dua jam dari Gorontalo. Selain pemandangan sunrise dan sunset yang indah, pulau ini juga punya taman bawah laut dengan terumbu karang yang masih alami.

4. Togean

Taman Nasional Laut Kepulauan Togean (Togean) terletak di Teluk Tomini dan termasuk di dalam wilayah Kabupaten Tojo Una-una, Provinsi Sulawesi Tengah. Keindahan pantai berpasir putih nan lembut dan alam bawah lautnya menjadi daya tarik destinasi ini meski lokasinya cukup jauh dan terpencil di tengah lautan, bahkan tidak terjangkau oleh sinyal telekomunikasi.

Liburan ke Sulawesi? Ini 10 Destinasi Topnya! | Breaktime
Hiu paus menjadi daya tarik wisatawan berkunung ke Gorontalo

5. Labengki

Disebut sebagai miniatur Raja Ampat, Pulau Labengki memang memiliki perbukitan dan perairan yang menakjubkan. Tak hanya itu, keindahan bawah lautnya dipenuhi hamparan karang-karang dengan habitat alami yang terjaga dengan baik. Kawasan ini adalah surga bagi para pecinta dan petualang bahari.

6. Sombori

Terletak di bagian tenggara Morowali, gugusan kepulauan di Sombori juga menawarkan pemandangan mirip Raja Ampat. Lokasi ini merupakan kawasan spot penyelaman bagi penggemar wisata bawah laut. Wakil Bupati Morowali menggambarkan Sombori sebagai "perpaduan Raja Ampat, Wakatobi, dan Bunaken dalam satu tempat".

7. Banggai Laut

Untuk menuju kawasan ini, B'timers harus menuju Luwuk, bisa dijangkau jalur darat atau pesawat terbang. Di lokasi ini terdapat sejumlah destinasi seperti Air Terjun Salaodik, Bukit Kasih Sayang, Mbuang-Mbuang, Kepulauan Bokan, Danau Ubur-Ubur, Bukit Popisi dengan view seperti Raja Ampat, dan Danau Paisupok.

Liburan ke Sulawesi? Ini 10 Destinasi Topnya! | Breaktime
Kekayaan bawah laut di perairan Takabonerate menjadi daya tarik wisatawan

8. Pulau Dua Balantak

Masih berada di kawasan Banggai Kepulauan, pulau ini relatif sepi karena belum banyak wisatawan yang berkunjung dan memiliki beberapa spot snorkeling. Wisatawan juga bisa menikmati keindahan Teluk Panenteng sebelum kembali ke Luwuk.

9. Air Panas Wawolesea

Sulawesi Tenggara identik dengan Wakatobi, tapi ada satu lagi destinasi unik di provinsi ini, yaitu Pemandian Air Panas Wawolesea. Lokasinya berada di Konawe Utara, terletak di pegunungan kapur yang memiliki ratusan mata air panas dengan gelembung yang muncul dari perut bumi. Berbeda dengan pemandian air panas pada umumnya, Wawolesea mengeluarkan air dengan rasa asin dan kandungan kapur yang tinggi.

10. Takabonerate

Takabonerate merupakan taman nasional bawah laut yang merupakan kawasan atol terbesar ketiga di dunia. Di kawasan ini tersebar 500 kilometer persegi terumbu karang beraneka ragam dan ribuan jenis ikan. (za)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE