Liburan? Rayakan Lebaran di Balikpapan, yuk! | Breaktime
Liburan ke Balikpapan? Rayakan Lebaran di Destinasi ini, yuk!
09.07.2016

Liburan ke pantai maupun hutan memang satu tujuan paling populer yang ada di Balikpapan. Dan kota yang terkenal dengan wisata kuliner kepitingnya ternyata menawarkan rekomendasi tempat wisata lain, lho. Termasuk wisata religi, B’timers. Nah, jika Lebaran ini Anda berencana liburan ke Balikpapan, tak ada salahnya mengunjungi tempat-tempat ini untuk rayakan Hari Raya Lebaran, nih!

Liburan? Rayakan Lebaran di Balikpapan, yuk! | Breaktime
Banyak sejarah yang telah disaksikan masjid ini

Masjid Jami’ Al Ula

Terletak di perkampungan tua Kampung Baru, tempat ibadah yang merupakan masjid kuno ini menjadi saksi sejarah perkembangan kampung bernama Bilipapan, B’timers. Dari namanya saja, Anda sudah bisa mengetahui, bangunan ini merupakan bangunan pertama tempat ibadah bagi umat Islam Balikpapan.

Masjid Agung At Taqwa

Dibangun pada masa penjajahan Belanda, sekitar tahun 1946, oleh enam ulama. Pertama kali, masjid ini berada di tepi Pantai Klandasan Ulu. Dan sempat kena bom yang mengakibatkan kerusakan parah, lho. Inilah masjid termegah yang ada di Kalimantan Timur, dengan luas lebih dari 5.000 m2, B’timers.

Liburan? Rayakan Lebaran di Balikpapan, yuk! | Breaktime
Sederhana namun tak kalah dengan masjid bersejarah lain

Masjid Istiqomah

Beberapa tahun setelah kemerdekaan, masjid ini dibangun. Terletak di tempat yang strategis, Anda bisa mampir ke Pantai Kemala, Pantai Kilang Mandiri dan Tugu Australia yang tak jauh dari Masjid Istiqomah. Daya tarik masjid ini adalah fasilitas yang beragam, mulai dari perpustakaan hingga guest house, lho.

Vihara Dharmastya

Mahavihara Buddhamanggala dikenal sebagai candi modern terbesar yang ada di Indonesia. Di dalam Anda bisa menjumpai patung Buddha tidur atau Dhammasala Mangalabharana yang termasuk patung Buddha terbesar di Indonesia. Gapura dengan tiga patung singa nanti akan menyambut pengunjung.

Liburan? Rayakan Lebaran di Balikpapan, yuk! | Breaktime
Di sini Anda bisa menyaksikan patung Buddha tidur

Klenteng Guang De Miao

Sementara Klenteng Guang De Miao merupakan pusat peribadatan umat Kong Hu Cu paling tua di Kalimantan Timur, Didirikan pada tahun 1915, setelah imigran warga Tionghoa datang ke Balikpapan. Namanya berasal dari daerah asal para imigran tersebut, yakni Guang Dong, B’timers.

Tak hanya menawarkan destinasi wisata religi untuk umat Islam, Balikpapan juga merupakan tempat wisata yang tak mengenal agama, ya, B’timers? (NO)

Share This Article