Liburan a la Tomb Rider ke 10 Kuil di Angkor Wat | Breaktime
Liburan a la Tomb Rider ke 10 Kuil di Angkor Wat
31.10.2016

Kompleks candi dan kuil Angkor Wat terletak di kota Siem Reap, kawasan barat laut Kamboja, sekitar enam jam perjalanan dengan bus dari ibu kota Phnom Penh.

Angkor Wat pernah mengalami masa kejayaan saat menjadi ibu kota dan pusat pemerintahan Kerajaan Khmer, sekitar abad ke-9 sampai 14. Pasca jatuhnya kerajaan, bangunan ini terbengkalai selama berabad-abad, sebagian rusak karena alam.

Kini, kompleks Angkor Wat telah mengalami beberapa kali pemugaran dan konservasi hingga akhirnya menjadi destinasi wisata utama di Kamboja yang menyedot hingga dua juta wisatawan per tahun.

Ada puluhan candi dan kuil di kawasan Angkor Wat. B'timers bisa membeli tiket terusan selama tiga hari maupun tiket harian. Sehari rasanya memang kurang lama untuk mengeksplor candi-candi kuno yang juga terkenal lewat film Tomb Rider yang dibintangi Angelina Jolie ini.

Liburan a la Tomb Rider ke 10 Kuil di Angkor Wat | Breaktime
Menjelajah kuil-kuil kuno di kawasan Angkor Wat

Ta Keo

Ta Keo merupakan candi Hindu yang didedikasikan untuk dewa Siwa. Candi ini dibangun pada masa pemerintahan Raja Jayavarman V, namun pada proses pembangunannya candi ini pernah disambar petir. Jalan menuju puncak candi sangat curam, namun pemandangan dari puncak candi ini sangat indah, terutama ketika sunset.

Banteay Kdei

Tak banyak yang diketahui tentang Banteay Kdei sehingga kerap disebut sebagai candi misterius. Banteay Kdei diperkirakan sebagai biara Buddha karena pada saat penggalian ditemukan ratusan patung Buddha. Candi ini dibangun pada abad ke-12, hampir bersamaan dengan Ta Prohm.

Pre Rup

Candi ini memiliki tiga menara di tengahnya dan dari kejauhan terlihat seperti mini Angkor Wat. Pre Rup dibangun sebagai kuil negara untuk Raja Rajendravarman pada abad ke-10 dan didedikasikan untuk dewa Siwa. 

Liburan a la Tomb Rider ke 10 Kuil di Angkor Wat | Breaktime
Akar pohon-pohon raksasa berusia ratusan tahun seakan 'memakan' reruntuhan candi-candi di Angkor Wat

Preah Khan

Preah Khan terletak di dekat Ta Prohm dan juga merupakan salah satu kompleks terbesar di Angkor. Sepintas, Preah Khan memang identik dengan Ta Prohm, reruntuhan batu-batu raksasa diapit akar-akar pohon berusia ratusan tahun. Preah Khan diperkirakan dulunya menjadi tempat tinggal sementara pada masa pembangunan Angkor Wat.

Phnom Bakheng

Phnom Bakheng merupakan candi Hindu yang didedikasikan untuk Dewa Siwa dengan bentuk menyerupai gunung. Candi ini diperkirakan dibangun pada abad ke-9 atau dua abad sebelum Angkor Wat. Phnom Bakheng diyakini sebagai awal mula masa kejayaan Kerajaan Khmer.

Banteay Srei

Lokasi candi ini cukup jauh dari kompleks utama Angkor Wat, sekitar 30 kilometer. Meski terpisah dan masuk kategori situs terkecil di Angkor, namun Banteay Srei tetap menjadi magnet wisatawan karena dikenal sebagai "Permata Khmer". Candi ini dipenuhi ukiran yang sangat rumit dengan motif floral dan kisah epos Ramayana.

Angkor Thom

Angkor Thom atau yang berarti Kota Besar merupakan bekas kota utama di Kerajaan Angkor. Kompleks candi ini dikelilingi parit dan tembok besar dengan beberapa gerbang. Setiap gerbang identik dengan Bayon yang terkenal dengan patung wajah raksasa. Di gerbang selatan terdapat jalur dengan deretan 54 patung dewa dan setan.

Liburan a la Tomb Rider ke 10 Kuil di Angkor Wat | Breaktime
Bayon Temple, bekas pusat pemerintahan di Angkor Wat identik dengan patung wajah-wajah raksasa

Ta Prohm

Ingat film Tomb Rider? Di sini B'timers bisa merasakan petualangan ala penjelajah kuil-kuil kuno. Ta Prohm dulunya merupakan candi besar yang merupakan rumah bagi ribuan penghuni kerajaan. Setelah jatuhnya Kerajaan Khmer di abad ke-15, candi ini ditinggalkan dan ditelan hutan. Hal ini bisa dilihat dari reruntuhan candi yang "dicengkeram" akar-akar pohon raksasa berusia ratusan tahun.

Bayon

Kuil Bayon identik dengan batu-batu besar berbentuk wajah ke segala penjuru mata angin. Ada lebih dari 200 wajah batu yang diyakini merupakan kombinasi potret Raja Jayavarman VII dan Buddha. Pada masa jayanya, Bayon merupakan pusat Kerajaan Khmer. Bayon merupakan satu-satunya candi di Angkor yang didedikasikan untuk Buddha.

Liburan a la Tomb Rider ke 10 Kuil di Angkor Wat | Breaktime
Salah satu sisi Angkor Wat, candi terbesar dan termegah di Kamboja

Angkor Wat

Angkor Wat (dalam bahasa Khmer berarti Kota Kuil") adalah yang paling megah dan terbesar dari semua candi di Angkor. Angkor Wat juga dijadikan simbol negara Kamboja, termasuk bendera negara. Struktur bangunan candi ini berbentuk segi empat yang dikelilingi waduk atau kolam. Candi ini dibangun pada pemerintahan Raja Suryavarman II pada abad ke-12. Cerita epos Hindu dan dewa-dewa banyak ditemukan pada relief dinding candi. Diperkirakan sekitar abad ke-13 Angkor Wat berubah dari candi Hindu menjadi Buddha. Wisatawan biasanya mulai menuju Angkor Wat sebelum matahari muncul untuk menikmati sunrise di candi ini. (za)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE