Lengkuas, Pulau Paling Indah di Belitung | Breaktime

ARTIKEL TRAVEL

Barry Kusuma

"Travel and Photography" Inspiring Photos & Video through the Lens.

Lengkuas, Pulau Paling Indah di Belitung
14.11.2016

Tahukah B’timers? Pulau Lengkuas merupakan salah satu dari ratusan pulau kecil yang ada di sekitar Pulau Belitung. Selain pemandangan pantai yang indah, daya tarik utama Pulau Lengkuas di Pulau Belitung ini adalah bangunan mercusuar tua yang dibangun oleh pemerintahan Kolonial Belanda tahun 1882 silam. Hebatnya mercusuar tersebut hingga kini masih berfungsi normal sebagai pengatur lalu lintas kapal yang keluar masuk perairan Pulau Belitung, lho.

Pulau Lengkuas sendiri berada di Kecamatan Sijuk Kabupaten Belitung provinsi Bangka Belitung, atau tepat di sebelah Utara Pantai Tanjung Kalayang. Pulau Lengkuas juga menawarkan panorama indah berupa hamparan pasir putih, air laut yang jernih, juga batuan granit yang unik. Dengan menyewa perahu di Tanjung Binga atau Tanjung Kelayang, kita bisa mengelilingi Pulau Lengkuas ini dalam waktu kurang lebih 20 menit.

Lengkuas, Pulau Paling Indah di Belitung | Breaktime
Mercusuar yang jadi ikon Pulau Lengkuas nan indah

Banyak aktivitas yang bisa kita lakukan saat berlibur di Pulau Lengkuas, jika kuat naik tangga kita bisa menaiki mercusuar yang mempunyai ketinggian 50 meter. Jangan lupa sebelum mencapai puncak kita harus melewati ratusan anak tangga, tetapi jika sampai di atas, semua akan terbayar kok, dengan melihat keindahan pulau dari ketinggian. Terlihat warna laut biru dan karang serta gugusan pulau kecil nampak jelas di antara ribuan batuan granit yang terhampar luas. Dengan sudut 360 derajat atau dari semua sisi, kita bisa dapat foto yang menarik dan indah.

Pulau Lengkuas di Pulau Belitung ini terkenal dengan ombak yang tenang, sehingga kita bisa bersantai di “kolam renang” yang terbentuk dari proses alam berupa air laut yang masuk melalui celah-celah batu. Tidak heran lokasi ini sangat instragramable.

Pulau Lengkuas juga terkenal dengan batu-batu granit yang indah dengan berbagai ukuran. Memang Batu batuan besar granit ini bisa dipijak dan diloncati, hanya saja jika ingin berfoto di atas batuan granit sebaiknya berhati-hati. Perhatikan setiap langkah kaki, jangan sampai terpelesat atau salah injak. Jangan menginjak batu yang basah, karena bisa sangat licin dan carilah batu yang kering. 

Lengkuas, Pulau Paling Indah di Belitung | Breaktime
Keindahan batu karang dilihat dari ketinggian

Ketika sudah lelah bermain dan berfoto di Pulau Lengkuas, mungkin kita bisa bersantai di warung yang ada di dekat mercusuar. Meneguk air kelapa sambil menikmati hembusan angin pantai yang sejuk kesegaran air kelapa muda berikut menyantap daging buahnya yang rasanya segar dan manis. Selain menikmati pantai di sini kita juga bisa diving atau snorkeling, Di sekitar Pulau Lengkuas ada beberapa spot yang cukup ideal untuk diving, bahkan juga terdapat wreck indomarine.

Mengingat Pulau Lengkuas tidak terlalu luas diharapkan yang datang ke sini memiliki kesadaran untuk menjaga kebersihan agar lingkungan tetap bersih. Di samping itu, pengunjung diharapkan membawa persediaan air minum yang cukup untuk mencegah dehidrasi. Akan lebih bijak lagi jika membawa kembali sampah-sampah yang dihasilkan lalu dibuang di tempat sampah sesampainya di daratan Pulau Belitung.

Lengkuas, Pulau Paling Indah di Belitung | Breaktime
Langit biru cerah sempurna berpadu kontras dengan pasir putih

Untuk menuju ke Pulau Lengkuas satu-satunya alat transportasi adalah perahu nelayan. Perahu-perahu tersebut bisa kita sewa dari Tanjung Tinggi, Tanjung Binga dan Tanjung Kelayang. Jika berangkat dari Pantai Tanjung Kelayang hanya butuh waktu 20 menit. Sementara jika berangkat dari Pantai Tanjung Binga atau Pantai Tanjung Tinggi bisa memakan waktu lebih lama yaitu 30 – 45 menit.

Tak ada hotel atau fasilitas akomodasi lain di Pulau Lengkuas di Pulau Belitung ini. Jika ingin menginap kita harus kembali untuk mencari penginapan di sekitar Pantai Tanjung Tinggi, Tanjung Kelayang, Tanjung Binga atau bahkan bisa juga kembali ke pusat kota Tanjung Pandan. Meski tidak terdapat fasilitas akomodasi namun sudah terdapat toilet umum. Sayangnya ketersediaan air bersihnya sangat terbatas. Mengingat minimnya sumber air bersih maka sebaiknya kita menggunakan air bersih secara bijak jika berkunjung ke pulau Lengkuas ini, B’timers. (bk)



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE