Laut Biru Pasir Putih dari Puncak Pulau Kelor | Breaktime
Laut Biru Pasir Putih dari Puncak Pulau Kelor
11.08.2016

Provinsi Nusa Tenggara Timur terkenal dengan destinasi wisata alam dan budaya yang sangat khas, salah satunya terletak di kawasan Taman Nasional Komodo.

Taman Nasional Komodo sendiri merupakan satu wilayah gugusan kepulauan yang berada di antara Pulau Sumbawa dan Pulau Flores. Ada tiga pulau utama di taman nasional ini, yaitu Pulau Komodo, Pulau Rinca, dan Pulau Padar.

Selain ketiga pulau utama itu, masih ada sejumlah pulau-pulau kecil yang terkenal dengan keindahan bukit dan pantainya, salah satunya adalah Pulau Kelor.

Laut Biru Pasir Putih dari Puncak Pulau Kelor | Breaktime
Penampakan Pulau Kelor dari kejauhan, pulau kecil yang masih alami

Pulau Kelor merupakan pulau kecil tanpa penghuni yang dapat ditempuh sekitar 45 menit penyeberangan dengan perahu motor dari Labuan Bajo. Pulau ini terkenal dengan pasir putihnya yang halus, pantai relatif landai dan dangkal, serta bawah laut yang ideal untuk snorkeling.

Namun aktivitas utama yang paling banyak dilakukan oleh wisatawan saat berkunjung ke Pulau Kelor adalah spot foto di puncak bukit setinggi kurang lebih 40 meter. Tak sulit mencapai puncak bukit kecil dan satu-satunya di pulau ini, wisatawan hanya perlu trekking mengikuti jalan setapak selama kurang lebih 25 menit.

Laut Biru Pasir Putih dari Puncak Pulau Kelor | Breaktime
Pasir putih di tepian Pulau Kelor dengan landscape laut dan kepulauan Komodo

Dari puncak bukit Pulau Kelor tampak pemandangan lautan biru dan gugusan kepulauan di Taman Nasional Komodo. Waktu terbaik untuk mendaki adalah pada pagi dan siang hari, saat cuaca cerah sehingga pemandangan alam khas Flores bisa kita nikmati dari puncak Pulau Kelor.

Nama Pulau Kelor konon diambil dari nama tumbuhan yang dulu banyak tumbuh di sekitar pulau ini. Jenis vegetasi di pulau ini pun tak berbeda jauh dengan pulau-pulau lain di Taman Nasional Komodo.

Laut Biru Pasir Putih dari Puncak Pulau Kelor | Breaktime
Pemandangan laut biru perairan Komodo dari puncak bukit Pulau Kelor

Wisatawan yang berkunjung ke pulau ini tak perlu khawatir dengan keberadaan Komodo karena kadal purba raksasa ini tidak hidup di Pulau Kelor. Menurut catatan, Komodo hanya hidup di Pulau Rinca dan Pulau Komodo.

Apabila B'timers ingin bermalam di pulau ini, maka harus membawa tenda dan peralatan sendiri karena tidak tersedia penginapan. Wisatawan yang bermalam di pulau ini biasanya mendirikan tenda kecil dan membuat api unggun di sekitar pantai. (za)

Share This Article