Kupu Cantik di Butterfly Garden Bandara Changi | Breaktime
Kupu-Kupu Cantik di Butterfly Garden Bandara Changi
07.07.2016

Bagi B'timers yang kerap bepergian ke luar negeri dan transit di Singapura, bandara Changi tentu bukan tempat yang asing lagi. Changi bahkan ibarat "rumah kedua" karena bisa berfungsi sebagai tempat menginap, mandi, belanja, dan kebutuhan lainnya.

Dengan penghargaan sebagai bandara terbaik dunia selama empat tahun berturut-turut dari Skytrax, tak heran bila Changi menawarkan banyak pilihan fasilitas, hiburan, dan pusat perbelanjaan modern bagi setiap traveler.

Kupu Cantik di Butterfly Garden Bandara Changi | Breaktime
Bentuk taman yang didesain hutan tropis dengan latar belakang bandara

Bandara Changi sendiri terdiri dari tiga terminal, yaitu Terminal 1, 2, dan 3. Ketiga terminal terhubung oleh kereta bandara gratis alias Skytrain. Saat ini sedang dibangun terminal 4 yang akan menjadikan Changi sebagai bandara terbesar di Asia.

Hampir semua fasilitas modern ada di bandara Changi, seperti bioskop gratis, pusat internet gratis, kolam renang, hotel bandara, dan sejumlah taman yang ada di dalam bandara, seperti Sunflower Garden, Cactus Garden, hingga Butterfly Garden.

Kupu Cantik di Butterfly Garden Bandara Changi | Breaktime
Air terjun buatan yang ada di salah satu sudut taman

Khusus untuk Butterfly Garden atau Taman Kupu-kupu, lokasinya berada di transit area Terminal 3, tepat sebelum pintu keberangkatan B. Taman mini dengan ukuran luas sekitar 18 x 6 meter ini merupakan taman kupu-kupu indoor pertama di dunia yang ada di dalam bandara.

Di dalam Butterfly Garden ini hidup tak kurang dari 1000 ekor kupu-kupu yang terdiri dari 47 spesies.  Yang unik, tak seperti kupu-kupu liar yang hidup di alam bebas, kupu-kupu di Butterfly Garden ini sangat jinak dan tak takut dengan kehadiran manusia, bahkan cenderung mendekat.

Kupu Cantik di Butterfly Garden Bandara Changi | Breaktime
Butterfly Garden di Bandara Changi yang memberi sentuhan alami di dalam bandara modern

Selain kupu-kupu dewasa, di taman ini juga ada tempat khusus untuk perkembangbiakan kupu-kupu, mulai dari proses belatung hingga berubah menjadi kupu-kupu. Lokasinya berada tepat di depan air terjun buatan setinggi kurang lebih 7 meter yang ada di ujung taman.

Jenis kupu-kupu di dalam taman ini mayoritas merupakan spesies yang hidup di hutan tropis Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Struktur bangunan taman dibuat sedemikian rupa menyerupai hutan buatan dengan jendela kaca besar yang menghadap landas pacu pesawat yang hilir mudik di Bandara Changi.

Kupu Cantik di Butterfly Garden Bandara Changi | Breaktime
Ada lebih dari 47 spesies dengan jumlah ribuan kupu-kupu di taman ini

Jadi apabila transit di Terminal 3 Bandara Changi, tak ada salahnya B'timers mampir di Butterfly Garden, sejenak menikmati suasana alam hutan tropis dan kupu-kupu alami di tengah modernitas dan kesibukan Changi sebagai bandara terbaik di dunia. (za)

Share This Article