Kunjungi Kota Keramat Luang Prabang di Laos Yuk! | Breaktime
Kunjungi Kota Keramat Luang Prabang di Laos Yuk!
26.01.2017

B’Timers, setiap negara di dunia memiliki kota-kota yang menyimpan berbagai macam pesona keindahan alam dan kebudayaan, tidak terkecuali negara-negara di Asia Tenggara. Selain Indonesia, Malaysia, dan Singapura, negara-negara lain seperti Brunei Darussalam, Laos, Myanmar, dan Vietnam juga memiliki berbagai macam tempat-tempat wisata yang memukau dan sangat sesuai untuk dijadikan sebagai destinasi getaway di weekend Anda.

Nah, bagi Anda yang ingin berlibur ke luar negeri dengan budget yang lebih terjangkau, tentu Anda membidik negara-negara tetangga sebagai tujuan wisata Anda seperti Malaysia dan Singapura. Eits, ternyata di negara Laos pun terdapat satu pulau yang cukup terkenal dengan panorama alam, kuil-kuil Buddha, serta berbagai bangunan kuno yang merupakan peninggalan masa kolonialisme Perancis. Say hello to Pulau Luang Prabang.

Pulau Luang Prabang dapat dibilang merupakan sebuah pulau kuno yang terdaftar sebagai Situs Bersejarah milik UNESCO di tahun 1995. Pulau ini dikelilingi oleh rangkaian pegunungan dan terletak setinggi 700 meter di atas permukaan laut dan terletak di hilir Sungai Nam Khan dan Sungai Mekong. Dulunya, pulau ini merupakan ibu kota dari kerajaan Lan Xang sebelum pada akhirnya Raja Phothisarat memindahkan pusat pemerintahan ke kota Vientiane di tahun 1545.

Walaupun pusat peradaban telah dipindahkan akan tetapi hingga kini Anda masih dapat merasakan sisa-sisa peradaban kerajaan Laos Kuno hingga masa-masa pemerintahan kolonial Perancis. Ketika Anda mengunjungi pulau ini, jangan lupa untuk mampir ke Istana Kerajaan, yaitu sebuah istana peninggalan kependudukan bangsa Perancis di tahun 1904 hingga tahun 1909. Istana ini terlihat sangat indah nan megah dengan interior berlapis emas dan ukiran-ukiran di pilar-pilar bangunan yang terlihat sangat unik. Selain perpaduan arsitektur Lao dan Kerajaan Perancis yang unik pada istana ini, Anda juga dapat melihat patung Buddha setinggi 83 sentimeter di kuil Haw Pha Bang yang berada di satu  kompleks bangunan dengan istana kerajaan.

Kunjungi Kota Keramat Luang Prabang di Laos Yuk! | Breaktime
Keindahan air terjun Kuang Si yang mempesona

Patung Buddha tersebut merupakan peninggalan dari abad ke-14, dan semenjak dahulu patung tersebut dipercaya sebagai pelindung dari pulau tersebut. Sebelum diangkut ke tempatnya saat ini, patung tersebut sempat berkali-kali dipindahkan antara Bangkok dan Luang Prabang pada masa peperangan dengan negara Siam (yang sekarang berganti nama menjadi Thailand).

Anda juga dapat berbelanja souvenir dan oleh-oleh khas Luang Prabang di pasar malam yang digelar mulai saat menjelang petang, setelah sebelumnya Anda menikmati pemandangan matahari terbenam yang sangat romantis sekaligus melihat pesona lanskap kota kecil tersebut dari ketinggian 150 meter. Waktu yang sempurna untuk mendaki gunung ini adalah saat sore hari dimana sinar matahari tidak lagi terasa terik dan Anda memiliki waktu yang cukup untuk berhenti dan menikmati pemandangan selama pendakian.

Obyek wisata lain yang tidak dapat Anda lewatkan saat berkunjung ke Luang Prabang adalah air terjun Kuang Si. Air terjun ini bisa dibilang merupakan salah satu obyek wisata yang paling direkomendasikan, bahkan mungkin Anda sudah pernah mendengar nama air terjun tersebut dari teman-teman Anda.

Air terjun yang membelah bebatuan kapur ini dan pepohonan sekitarnya benar-benar menyajikan pemandangan alam yang sangat luar biasa indahnya. Anda juga dapat melepaskan rasa penat setelah mendaki dengan berendam dan berenang dengan penuh rasa suka cita bersama keluarga di kolam kecil tidak jauh dari lokasi air terjun tersebut berada.

Jadi tunggu apalagi, B’Timers? Yuk habiskan waktu liburan Anda dengan berpetualang di kota Luang Prabang! (dkp)



artikel kompilasi
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE