Kunjungi Grand Canyon A La Gunung Kidul | Breaktime
Kunjungi Grand Canyon A La Gunung Kidul
09.09.2016

Wisata Gunung Kidul tak berhenti hanya pada Goa Pindul dan Pantai Indrayanti saja. Ada pula destinasi wisata baru yang wajib Anda jelajahi. Nyatanya, Gunung Kidul menyimpan potensi wisata air terjun yang sangat indah dan unik. Salah satunya adalah Air Terjun Sri Gethuk yang berupa aliran sungai membelah tebing-tebing tinggi.

Yang membuat air terjun ini unik adalah aliran airnya yang terus mengalir meskipun kemarau panjang. Hal ini menjadi anugerah tersendiri untuk kawasan Gunung Kidul yang kering dan tandus. Air terjun ini terletak di Desa Wisata Bleberan. Anda hanya perlu menaiki kendaraan untuk sampai di lokasi air terjun dan melewati hutan kayu putih milik perhutani.

Ketika sampai di parkiran, ada dua pilihan jalan yang bisa Anda lalui. Pertama, menyusuri jalan setapak dan sepanjang perjalanan, mata Anda akan dimanjakan dengan hamparan sawah dan pohon-pohon kelapa.

Kunjungi Grand Canyon A La Gunung Kidul | Breaktime
Menyusuri Sungai Oya dengan rakit untuk sampai di air terjun

Kedua, Anda bisa melewati jalan yang lebih ekstrim, yaitu melintasi derasnya arus Sungai Oya dengan menggunakan rakit yang terbuat dari papan dan drum bekas. Jika Anda melewati jalur ini sebaiknya pada pagi hari karena arus sungai masih terbilang tenang. Selain itu, perjalanan Anda akan ditemani oleh perdu dan belukar yang masih hijau alami di tengah tebing-tebing Karst di sisi kanan kiri.

Ketika Anda sampai di Air Terjun Sri Gethuk, Anda akan terkagum-kagum dengan keindahaan air terjunnya yang membelah tebing-tebing tinggi layaknya Grans Canyon di Amerika Serikat. Anda bisa menikmati aliran air terjun di bebatuan dan berfoto dengan latar pemandangan yang sangat ciamik.

Kunjungi Grand Canyon A La Gunung Kidul | Breaktime
Air Terjun Sri Gethuk atau Grand Canyon yang dimiliki Gunung Kidul

Penasaran, kan B’timers? Jadi, jika Anda sedang berlibur ke Yogyakarta, jangan lupa untuk mengunjungi Air Terjun Sri Gethuk yang terletak di kawasan Gunung Kidul, yang memang terkenal dengan kawasan banyak destinasi wisata alam. (vpd)

Share This Article