Koh Tapu di Thailand, Terkenal Karena James Bond | Breaktime
Koh Tapu di Thailand, Terkenal Karena James Bond
25.11.2016

Selain karena keindahan alam atau keunikan budaya, sebuah destinasi wisata juga bisa terkenal berkat tayangan sebuah film. Salah satunya adalah James Bond Island di Thailand.

James Bond Island terletak di bagian selatan Thailand, tepatnya arah timur laut Phuket, di kawasan Taman Nasional Ao Phang Nga. Nama asli pulau ini adalah Khao Phing Khan atau warga lokal biasa menyebutnya Ko Khao Phing Khan.

Yang identik dari James Bond Island adalah Koh Tapu, sebuah pulau karang berbentuk batu menjulang setinggi 20 meter. Lokasi ini juga menjadi latar belakang film James Bond Golden Gun pada tahun 1974. Sejak saat itu, lokasi ini lebih dikenal dengan sebutan James Bond Island.

Koh Tapu di Thailand, Terkenal Karena James Bond | Breaktime
Koh Tapu mulai terkenal sejak Golden Gun James Bond

Seiring dengan makin populernya James Bond Island, kekhawatiran terhadap potensi kerusakan pun muncul. Sejak tahun 1998 wisatawan dilarang naik atau mendekat Koh Tapu. Wisatawan hanya boleh berfoto, berenang, snorkeling, atau bermain kayak dari jarak sekitar 60 meter.

Wisatawan biasanya menuju James Bond Island dari Phuket. Sangat mudah mendapatkan paket tour menuju James Bond Island dari kawasan hotel dan penginapan di sepanjang Phuket dan Patong.

Koh Tapu di Thailand, Terkenal Karena James Bond | Breaktime
Kampung Muslim desa terapung yang lokasinya tak jauh dari Koh Tapu

Sebelum menuju James Bond Island, wisatawan akan berkumpul di dermaga Laem Sai untuk melakukan registrasi dan pengarahan dari guide lokal yang cukup lancar berbahasa Inggris.

Penyeberangan menuju James Bond Island dengan menggunapan perahu motor selama 30 menit tak akan terasa lama karena wisatawan disuguhi pemandangan pulau-pulau cantik di sekitar Taman Nasional Phang Nga Bay.

Koh Tapu di Thailand, Terkenal Karena James Bond | Breaktime
Sayangnya saat ini wisatawan tak diizinkan mendekat ke pulau ini

Ketika jam makan siang tiba, wisatawan bisa menikmati sajian makan siang di tempat yang cukup unik, yaitu Kampung Muslim di desa terapung Koh Panyee. Tak hanya rumah warga setempat, desa terapung ini juga memiliki masjid dan lapangan sepak bola di atas air.

Fasilitas lain yang bisa dinikmati wisatawan di kawasan Taman Nasional ini adalah perahu khas Thailand yang biasa disebut longtail boat. Perahu kecil dengan bentuk memanjang ini cocok digunakan untuk menjelajah pulau-pulau karang di sekitar James Bond Island. (ZA)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE