Koh Tachai, Pulau Eksotik Thailand yang Ditutup | Breaktime
Koh Tachai, Pulau Eksotik di Thailand yang Ditutup
25.05.2016

B'timers yang berencana liburan ke Koh Tachai pada bulan Oktober nanti harus mempersiapkan destinasi pengganti karena salah satu pulau eksotik di kawasan Thailand selatan ini akan ditutup sementara.

Pemerintah Thailand menutup pulau wisata Koh Tachai yang sangat populer ini untuk waktu yang tidak terbatas mulai 15 Oktober. Penutupan ini dilakukan untuk mencegah degradasi atau kerusakan lingkungan.

Direktur jenderal departemen Taman Nasional, Konservasi Margasatwa dan Tanaman Thailand, Tunya Netithammakul, dikutip dari The Bangkok Post mengatakan bahwa kunjungan wisatawan ke Koh Tachai telah melampau batas kemampuan pulau itu sendiri.

Koh Tachai, Pulau Eksotik Thailand yang Ditutup | Breaktime
Pemandangan pulau-pulau cantik di kawasan selatan Thailand

Menurut Tunya Netithammakul, berkat keindahannya Koh Tachai telah menjadi objek wisata populer bagi Thailand dan wisatawan mancanegara. Hal ini mengakibatkan degradasi sumber daya alam dan lingkungan.

Pemerintah Thailand menutup sementara pulau ini untuk melakukan rehabilitasi lingkungan baik di pulau dan juga di laut. Tujuannya agar tidak terganggu oleh kegiatan pariwisata ketika melakukan perbaikan.

Selama penutupan akan memungkinkan rehabilitasi lingkungan pulau tersebut sebelum kerusakan yang lebih parah tidak bisa diperbaiki. Rehabilitasi sendiri meliputi proses alam maupun upaya buatan.

Koh Tachai, Pulau Eksotik Thailand yang Ditutup | Breaktime
Meskipun satu pulau ditutup, wisatawan masih bisa mengunjungi pulau-pulau lain di kawasan selatan Thailand

Meskipun penutupan pulau secara resmi baru dimulai pada 15 Oktober, namun sejak pertengahan Mei ini kawasan laut Koh Tachai telah ditutup untuk aktivitas bahari seperti snorkeling dan diving selama musim hujan.

Koh Tachai terletak di Taman Nasional Similian, Thailand selatan bagian barat, yang terkenal memiliki keindahan pasir putih dan terumbu karang yang sangat populer di kalangan wisatawan lokal maupun asing.

Penutupan pulau ini tak perlu membuat B'timers khawatir karena kawasan selatan Thailand masih punya banyak destinasi pulau yang menarik dikunjungi, seperti Kepulauan Phi-phi yang memilki sejumlah pulau seperti Khai Island dan James Bond Island. (ZA)

Share This Article