Koh Samui, Wisata Pulau Anti Mainstream Thailand | Breaktime

ARTIKEL TRAVEL

Barry Kusuma

"Travel and Photography" Inspiring Photos & Video through the Lens.

Koh Samui, Wisata Pulau Anti Mainstream Thailand
24.10.2016

Thailand merupakan destinasi Asia Tenggara yang sangat banyak dikunjungi oleh turis di dunia, dan destinasi pantai yang populer di Thailand salah satunya adalah Phuket. Tetapi, Phuket sudah terlalu ramai dan mainstream, jika B’timers penyuka pantai, cobalah datang ke pulau Koh Samui.

Koh Samui merupakan lokasi liburan tropis yang terletak di teluk Thailand, pulau ini menawarkan berbagai pantai dengan karakteristik yang unik. Di antara banyaknya pulau di Thailand, pulau ini adalah salah satu tujuan wisata yang belum terlalu terkenal di antara pulau-pulau lainnya. Wah, seru juga, ya. Dan ada banyak fakta unik serta menarik tentang Koh Samui Thailand, seperti berikut.

Koh Samui adalah Pulau Terbesar Kedua di Thailand

Setelah Phuket, ternyata Koh Samui menduduki posisi kedua terbesar untuk luasnya. Sedangkan posisi ketiga diduduki oleh Koh Chang di provinsi Trat. 

Koh Samui, Wisata Pulau Anti Mainstream Thailand | Breaktime
Pantai yang indah dan alami

Dikelilingi oleh Taman Laut Nasional

Dengan lokasinya yang strategis dan menguntungkan, Pulau Samui dikelilingi oleh Taman Laut Nasional Angthong dan pulau-pulau di sekitarnya masih terjaga alamnya. Para pengunjung dapat memilih 1 hari kunjungan pulang pergi mengunjungi dan menikmati keindahan pemandangan dari pulau.

Penghasil Kelapa

Sebelum industri pariwisata masuk, Koh Samui sangat bergantung pada perikanan dan perkebunan kelapa. Pulau ini dulunya mendapat julukan Pulau Kelapa dan Monyet.  Walaupun sekarang pengunjung masih bisa melihat pohon kelapa di bukit, tidak banyak wilayah budidaya kelapa yang tersisa di pulau ini.

Bandara yang dimiliki oleh Swasta

Kalau di Indonesia bandara dimiliki oleh negara atau perusahaan BUMN, tetapi di Pulau Samui bandara dimiliki oleh swasta. Bandara ini terletak strategis di pulau dengan akses jalan memadai dan daerah terminal.  Bandara ini dimiliki oleh perusahaan swasta yaitu Bangkok Airways yang melayani penerbangan langsung menuju dan dari Pulau Samui. Ada penerbangan internasional setiap hari dengan tujuan kota-kota besar di Asia seperti Hong Kong, Singapura, dan Kuala Lumpur.

Koh Samui, Wisata Pulau Anti Mainstream Thailand | Breaktime
Kelezatan kuliner yang tak terbantahkan

Chaweng adalah Pusat Pulau

Ada banyak pantai indah di Samui, namun Chaweng merupakan pantai yang paling terkenal dan ramai di pulau ini. Kebanyakan fasilitas wisata seperti berbagai macam akomodasi, rumah makan, tempat perbelanjaan, kegiatan, klub malam, bar, dan kehidupan malam di Pulau Samui semuanya ada di sini, menjadikan Chaweng sebagai jantung dari pulau Samui.

Nathon Merupakan Ibukota Koh Samui

Jika Chaweng adalah jantung Koh Samui, Nathon adalah ibukota pulau ini. Wilayahnya adalah pelabuhan utama di mana pengunjung dapat terhubung dengan pulau utama dan pulau lain di dekatnya seperti Koh Tao dan Koh Phan Ngan. Kantor pemerintahan, bank, pasar setempat dan pertokoan dapat dijumpai di daerah ini menjadikan Nathon ibukota pulau Pulau Samui.

Koh Samui, Wisata Pulau Anti Mainstream Thailand | Breaktime
Melihat sunset nan syahdu di pantai

Koh Samui Bukan Provinsi

Pulau ini sangat besar namun tidak cukup untuk menjadikannya status provinsi seperti halnya Phuket. Pulau Samui adalah bagian dari provinsi Surat Thani, namun letaknya juga dekat dengan Bandara Nakhon Si Thammarat. Pengunjung dapat bepergian melalui kedua bandara di Surat Thani dan Nakhon Si Thammarat. Kemudian melanjutkan menumpang kapal ferry ke pulau selama 1,5 jam.

Waktu Terbaik untuk Berkunjung adalah Bulan Desember

Koh Samui adalah tujuan wisata yang dapat dikunjungi sepanjang tahun, selama pengunjung tidak keberatan dengan derasnya hujan selama musim hujan. Namun selama waktu muson di bulan November, Samui akan mengalami badai dan hujan deras, tapi Anda tidak perlu khawatir karena sinar matahari masih melimpah. Waktu terbaik untuk mengunjungi pulau ini adalah dari pertengahan Desember hingga Februari yaitu ketika panas dan kelembaban rendah.

Siap jalan-jalan ke Koh Samui, B’timers? (bk)

Share This Article