Kisah Pilu Pertempuran 5 Hari Ada Di Tugu Muda | Breaktime
Kisah Pilu Pertempuran Lima Hari Ada Di Tugu Muda
04.12.2016

Di kota Semarang ada sebuah monument yang dibangun untuk mengenang para pahlawan yang berjuang dalam pertempuran lima hari di Semarang. Namanya Tugu Muda yang dibangun pada tahun 1950 dan diresmikan oleh Presiden Soekarno pada tahun 1953.

Tugu Muda Semarang

Tugu Muda ini rupanya tak hanya jadi situs bersejarah di kota Semarang, tetapi juga jadi tempat berkumpulnya anak-anak muda Semarang. Eits, para wisatawan juga bisa berkunjung ke tugu ini lho. B’timers bisa selfie-selfie ria di tugu ini, karena pemandangan di sekitarnya yang indah.

Di Tugu Muda juga terdapat Sangga-sangga dengan ukiran relief yang memiliki makna. Seperti relief Hongerodeem, relief pertempuran, relief penyerangan, relief korban, dan relief kemenangan. Di sekitar tugu juga ditanami tanaman dan bunga-bunga yang indah.

Kisah Pilu Pertempuran 5 Hari Ada Di Tugu Muda | Breaktime
Penghargaan untuk para pemuda Semarang di tahun 1945

Sejarah Tugu Muda Semarang

Pembangunan Tugu Muda dilatarbelakangi dari perjuangan pemuda Semarang melawan tentara Jepang. Pertempuran ini jadi perlawanan terhebat masyarakat pribumi dalam mengusir Jepang. Pertempuran dimulai pada 15 Oktober 1945 hingga 20 Oktober 1945.

Dipicu oleh kaburnya tawanan Jepang pada 14 Oktober. Pukul 06.30 pemuda-pemuda di rumah sakit mendapat instruksi untuk memeriksa dan menangkap mobil Jepang di depan RS Purusara. Para pemuda juga aktif menjebloskan tentara Jepang ke penjara Bulu.

Pada pukul 18.00 Jepang melancarkan serangan mendadak dan menangkap delapan orang polisi sekaligus menyiksanya. Sejak itu rakyat mulai gelisah dan marah ingin segera mengusir tentara Jepang yang masih tersisa. Perlawanan mereka berlangsung selama lima hari.

Bisa dibayangkan bagaimana lima hari yang kelam pada masa itu demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Para pemuda Semarang rela berjuang demi martabat bangsanya. Jika Anda ingin tahu perjuangan pemuda Semarang kala itu, jangan lupa untuk mampir dan mengunjungi Tugu Muda. (vpd)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE