Keren! Lihat Deretan Rekor di Galeri MURI | Breaktime
Keren! Lihat Deretan Rekor di Galeri MURI
10.09.2016

Anda psati sudah taka sing lagi dengan MURI (Museum Rekor Indonesia). Selama ini kita bertanya-tanya mengapa namanya museum tetapi tidak ada bentuk nyata museumnya? Jangan salah, tahukah Anda bahwa ternyata Museum Rekor Indonesia terletak di dua lokasi, yaitu Jakarta dan Semarang.

Kali ini akan dibahas tentang Museum Rekor Indonesia yang ada di Semarang. Segala macam bentuk pencapaian hebat masyarakat Indonesia dicatat dan disimpan di dalam museum ini. Museum ini terletak di Jl. Perintis Kemerdekaan, Semarang.

Museum ini mencatat sejarah rekor yang dibuat di Indonesia dalam bentuk benda nyata, foto, maupun video. Namun, lebih didominasi oleh koleksi foto saat pemecahan rekor. Adapun rekor yang disimpan dalam bentuk fisik seperti lipstik terbesar di Indonesia dari PT Mustika Ratu Tbk, yang berukuran tinggi 3 meter, diameter lingkar bawah 80 cm, dan diameter lingkar atas 70 cm. Wow!

Ada juga lukisan wajah pengusaha Ciputra yang dibuat dari 1.515.155 paku atau sama dengan 1,5 kuintal paku. Keren, ya B’timers! Selain itu ada buku marketing terbesar dengan tinggi 235 cm, lebar 155 meter, dan tebal 12 cm.

Keren! Lihat Deretan Rekor di Galeri MURI | Breaktime
Koleksi foto-foto di MURI, Semarang

Untuk pemecahan rekor yang tidak bisa dibuat dalam bentuk fisik, seperti rekor pawai baju adat terbesar di Indonesia atau rekor mengangkat beban terberat, semua itu didokumentasikan dalam bentuk foto dan video yang tersusun rapi di galeri. Video pemecahan rekor hanya akan diputar jika ada tamu yang datang secara rombongan.

Satu lagi yang unik adalah bagian galeri jamu. Dipamerkan segala macam jenis jamu, peralatan membuat jamu dari jaman dahulu hingga sekarang, dan plang nama jamu jago yang antik. Hal ini dikarenakan galeri MURI ini terletak di area pabrik jamu jago yang sangat terkenal.

Itulah B’timers kumpulan rekor yang dibuat oleh masyarakat Indonesia yang disimpan dan ditata rapi di galeri MURI kota Semarang. Anda wajib mengunjungi wisata sejarah dan edukasi yang sangat mencengangkan ini. (vpd)

Share This Article