Kepulauan Kei Jadi Primadona Di Tenggara Maluku | Breaktime
Kepulauan Kei Jadi Primadona Di Tenggara Maluku
17.02.2017

Maluku adalah salah satu pulau di timur Indonesia yang ternyata menyimpan banyak potensi wisata bahari. Pulau Ora sempat menjadi primadona Maluku di mata wisatawan domestik maupun mancanegara. Sudah bukan rahasia memang jika di timur Indonesia memiliki alam yang sangat menakjubkan.

Satu lagi yang harus Anda ketahui dari Maluku adalah di bagian tenggara. Di sana B’timers akan melihat Kepulauan Kei. Keindahan di kepulauan ini memang tak diragukan lagi, karena Kepulauan Kei masih sangat jarang dijamah wisatawan. Bagaimana tidak, untuk menuju ke Pulau Kei saja Anda membutuhkan waktu penerbangan selama satu setengah jam dari kota Ambon.

Nah, selain melihat keindahan yang hakiki. Ada banyak tempat yang bisa Anda kunjungi di Kepulaual Kei. Dijamin, Anda nggak akan menyesal jauh-jauh pergi ke Kepulauan Kei. Tempat mana saja ya, yang bisa dikunjungi?

Kepulauan Kei Jadi Primadona Di Tenggara Maluku | Breaktime
Gua Hawang (Photo by triptrus.com)

Tempat wajib yang pertama harus dikunjungi adalah Pantai Ngur Sarnadan, Ohoi Lilir. Mengapa? Pantai ini memiliki hamparan pasir yang halus dan bersih. Selain itu, Anda bisa berenang lebih dari 100 meter ke tengah laut dari tepi pantai. Di pantai ini Anda juga bisa menikmati sunset yang menawan.

Tempat yang kedua adalah Pantai Pasir Panjang, Ngurbloat, Ohoi Ngilngof. Pantai ini masih berada di satu garis Pantai Ngur Sarnadan. Panjang garisnya mencapai 2 km. Nah, di pantai ini Anda akan melihat saung-saung yang disewakan oleh warga lokal. Sama dengan Pantai Ngur Sarnadan, pantai ini juga cocok banget untuk berenang dan berburu sunset.

Gua Hawang juga jadi destinasi wajib yang ada di Kepulauan Kei. Letaknya berada di Desa Letvuan. Ini merupakan kolam air tawar yang ada di sebuah gua. Gua Hawang terdiri dari dua liang yang dihubungkan dengan sungai bawah tanah. Nah, di sana Anda bisa melakukan diving untuk melihat lebih jauh ke dalam gua.

Anda juga bisa mengunjungi Pasir Timbul Ngurtavur. Lokasi pasir timbul ini berada di Pulau Waha. Pulau ini memiliki pantai pasir putih yang memanjang ke tengah lautan sepanjang 2 km dengan lebar 7 meter. Seru banget, B’timers, karena Anda bisa berjalan kaki menyusuri daratan ini. Saat air laut sedang pasang, Anda bisa ke pulau ini dengan menggunakan perahu.

Kepulauan Kei Jadi Primadona Di Tenggara Maluku | Breaktime
Pasir Timbul Ngurtavur (Photo by Google)

Daratan ini ternyata menjadi habitat dari burung pelikan yang sedang bermigrasi ke Maluku dari habitat asli mereka di Australia dan Papua Nugini. Keren banget, deh sekumpulan burung pelikan ini bisa Anda jadikan objek foto yang menawan.

Kalau bosan dengan wisata air, Anda bisa mengunjungi Desa Adat Tanimbar Kei yang bisa dicapai dengan menggunakan perjalanan laut selama 5 jam dari Pelabuhan Debut. Desa Tanimbar Kei dibagi menjadi dua, yaitu Kampung Atas dan Kampung Bawah. Nah, dua kampung ini dipisahkan hanya dengan tangga yang bersandar di tebing setinggi 10 – 15 meter. Rumah adat ini digunakan untuk menyimpan aneka benda adat seperti patung adat, perhiasan emas, bejana, dan tembikar. Di sana juga ada sebuah tempat ibadah berupa pura Hindu. Menurut cerita, leluhur adat Kei berasal dari Bali.

Itulah B’timers beberapa destinasi cantik dan menawan yang ada di Kepulauan Kei yang bisa Anda kunjungi. Destinasi-destinasi tersebut masih sepi dari wisatawan, lho. (vpd)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE