Kenawa, Pulau Eksotis di Ujung Barat Sumbawa | Breaktime
Kenawa, Pulau Eksotis di Ujung Barat Sumbawa
02.03.2015

B’timers ingin merasakan suasana eksotis di pulau pribadi dengan beberapa gazebo di tepi pantai? Atau berenang di perairan dangkal pinggir pantai dengan ratusan ikan Nemo? Cobalah menuju Pulau Kenawa.
 
Pulau Kenawa terletak di antara Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa. Pulau seluas kurang lebih 13 hektar ini memiliki landmark sebuah bukit di tengah-tengah pulau. Hampir seluruh pulau ini tertutup oleh padang rumput, kecuali sisi timur pulau yang merupakan hutan mangrove.

Kenawa, Pulau Eksotis di Ujung Barat Sumbawa

Trekking menuju puncak bukit Kenawa hanya memerlukan waktu kurang lebih 30 menit. Dari puncak bukit Anda bisa melihat hamparan savana, bentangan pantai yang dikelilingi pasir putih, serta pulau-pulau kecil di sekitar selat Sumbawa. Lokasi ini juga merupakan spot favorit traveler untuk menikmati sunrise dan sunset di Kenawa.

Kenawa, Pulau Eksotis di Ujung Barat Sumbawa

Setelah puas dengan landscape di atas pulau, saatnya menikmati keindahan bawah laut Pulau Kenawa. Biru dan jernihnya perairan laut sisi selatan dan timur Pulau Kenawa menjadi spot favorit penggemar snorkeling atau free diving.
 

Tak perlu jauh-jauh snorkeling ke tengah laut untuk menikmati keindahan underwater Kenawa. Hanya beberapa meter dari pantai Anda sudah akan disambut sekumpulan "Nemo" dan terumbu karang warna-warni yang cantik. Musim panas atau pertengahan tahun adalah waktu terbaik untuk snorkeling di tempat ini.

Kenawa, Pulau Eksotis di Ujung Barat Sumbawa

Traveler yang suka camping bisa mendirikan tenda dan bermalam di pulau ini. Terdapat pula beberapa gazebo di tepi pantai. Namun angin pada malam hari angin sangat kencang, sehingga Anda  harus mempersiapkan diri dengan peralatan yang diperlukan, seperti selimut dan jaket tebal.
 
Hampir sepanjang tahun B’timers bisa menikmati eksotisme pulau Kenawa. Saat musim kemarau, padang rumput berwarna coklat dan kontras dengan birunya lautan Sumbawa. Ketika musim hujan, rumput yang lebat menghijau menambah cantik pulau kecil ini.

How To Get There

Kenawa, Pulau Eksotis di Ujung Barat Sumbawa

Pulau Kenawa terletak di wilayah Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat. Pulau ini dapat ditempuh dari Mataram (Lombok) dengan kendaraan, sewa, taksi, atau bis umum menuju Pelabuhan Kayangan, kemudian dilanjutkan penyeberangan ferry selama kurang lebih 1-2 jam menuju Pelabuhan Poto Tano (rute utama ferry Lombok-Sumbawa). 

Dermaga menuju Pulau Kenawa berada sekitar 200 meter dari Pelabuhan Poto Tano. Dermaga tersebut ditandai dengan sebuah gapura bertuliskan "Kawasan Wisata Bahari Pulau Kenawa". Perjalanan dilanjutkan dengan kapal nelayan tradisional menuju Pulau Kenawa selama kurang lebih 30 menit. Tarif rata-rata antara Rp 150-250 ribu untuk satu perahu kecil yang bisa memuat 4-6 orang.

Share This Article