Kenalan Dengan Bangunan Gonjiam Psychiatric Hospital | Breaktime
Kenalan Dengan Bangunan Gonjiam Psychiatric Hospital
04.07.2018

Breaktime.co.id - Bulan April lalu, sebuah film horor tayang perdana di Korea yang berjudul Gonjiam: Haunted Asylum. Film ini seketika booming di Korea, karena film ini termasuk ke dalam film horor terlaris ke dua sepanjang sejarah perfilman Korea.

Tapi, tahukah kalian latar tempat syuting Gonjiam: Haunted Asylum benar-benar ada dan pernah beroperasi sama halnya dengan rumah sakit pada umumnya?


image-pinteres.com

Rumah sakit jiwa ini berada di sebuah bukit daerah Gwangju, provinsi Gyonggi-do, Rumah Sakit Jiwa Gonjiam adalah tempat perawatan bagi orang-orang yang sakit secara mental dan memiliki reputasi baik pada masanya. Rumah sakit ini dikelilingi daerah pemukiman warga sehingga mudah diakses bagi siapapun yang ingin berkunjung, termasuk bagi turis mancanegara yang ingin mengetahui lebih dalam mengenai rumah sakit ini. Karena CNN memasukkan lokasi Rumah Sakit Jiwa Gonjiam ini masuk ke dalam daftar tujuh tempat paling berhantu di dunia.

Bangunan ini memliki jumlah lima lantai (1 lantai bawah tanah, 3 lantai untuk bangsal pasien, dan 1 lantai atap), Rumah Sakit Jiwa Gonjiam ini memiliki pemandangan yang indah disekitar bangunannya. Untuk sampai di lokasi ini pun mudah kaena hanya butuh berkendara 40 menit dari Seoul, Korea.

Saat ini bangunan Rumah Sakit Jiwa Gonjiam tak terlihat berbeda dengan bangunan tua lainnya. Bangunan yang ditumbuhi oleh lumut dan jamur ini salah satu bangunan yang menyimpan sebuah kisah misteri. Rumah sakit ini pun dikenal oleh masyarakat Korea sendiri sebagai Rumah sakit berhantu, bahkan masyarakat sekitar percaya jika rumah sakit ini tempat berkumpulnya roh-roh jahat.

Namun sangat disayangkan, sekitar tahun 1995 sampai 1996 rumah sakit ini tiba-tiba ditutup tanpa ada alasan yang jelas. Namun, banyak yang berspekulasi alasannya karena pemilik rumah sakit jiwa tersebut meninggal dunia dikarenakan sakit dan isu yang paling populer dari penutupan Gonjiam ini adalah psikiater yang mengalami masalah kejiwaan setelah melakukan eksperimen kejam terhadap para pasiennya. Setelah hal ini diketahui oleh pemerintah Korea Selatan, Ia langsung menutup rumah sakit dan kabur ke Amerika Serikat. Ada juga yang mengatakan, terjadinya kematian pasien secara misterius di Gonjiam yang memaksanya berhenti beroperasi. Beberapa orang juga menduga bahwa kematian misterius yang terjadi pada pasien disebabkan hantu-hantu pasien terdahulu yang kembali untuk balas dendam. Namun cerita-cerita ini belum diketahui kebenarannya.


image-hancinema.net

Setelah kejadian-kejadian misterius yang tersebar luas, pihak keluarga dari si pemilik rumah sakit pun merasa kesulitan dalam mengatur keuangan untuk rumah sakit tersebut. Ditambah pada tahun itu Bendungan Paldang sedang dibangun pemerintah dan mengharuskan pihak rumah sakit memasang mesin pemurni air untuk digunakan seluruh dokter, staf, dan pasien. Disebabkan tak ada cukup biaya, rumah sakit pun ditutup dan keluarga pemilik memutuskan tinggal di luar negeri. Sejak tahun 2011, seluruh area Rumah Sakit Jiwa Gonjiam ini ditutup oleh pihak kepolisisan daerah Gwangju. Penutupan ini atas permintaan pihak keluarga si pemilik rumah sakit. Tetapi banyak warga Korea bahkan turis mancanegara yang masih tetap mengunjungi bahkan melakukan “uji nyali” secara diam-diam karena bangunan ini terkenal angker. Rumah sakit jiwa ini kini telah ditutupi gerbang dan pagar kawat berduri. Akan tetapi, masih banyak orang yang bisa masuk karena terdapat beberapa akses jalan kecil yang sengaja dibuka.

Masyarakat sekitar banyak merasakan kejadian aneh yang terjadi ditempat itu, bahkan kabarnya orang-orang yang pernah memasuki tempat itu akan mengalami pengalaman mistis. Mulai dari suara-suara teriakan atau tangisan hingga beberapa luka seperti bekas cakaran. Tidak hanya itu umumnya mereka yang mencoba masuk juga mengalami trauma yang sangat mengenaskan setelah mereka bertemu dengan sosok makhluk kasat mata yang menguni rumah sakit. Jika kalian tertarik (dan berani) untuk kunjungi Rumah Sakit Jiwa Gonjiam, kalian hanya perlu naik bus 1113-1 dari Stasiun Gangbyeon, Exit 1 atau bisa juga bus 500-2 dari Stasiun Gangnam, Exit 7. Saat sampai di Gonjiam, kalian hanya perlu seberangi jembatan dan lanjut ke jalan setapak menuju bukit tempat Rumah Sakit Jiwa Gonjiam berdiri.



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE