Kenal Lebih Jauh Desa Ter-Bersih di Dunia, Desa Panglipuran, Bali. | Breaktime
Kenal Lebih Jauh Desa Ter-Bersih di Dunia, Desa Panglipuran, Bali.
18.06.2018

Kebiasaan masyarakat Indonesia yang suka buang sampah sembarangan emang udah turun temurun dan susah diubah nih kayaknya. Padahal usaha pemerintah untuk mencegahnya sudah banyak, mulai dari menyiapkan tempat sampah yang banyak, sampai denda puluhan bahkan ratusan juta rupiah juga sudah dilakukan, tapi tetap saja tidak mencegah orang-orang untuk buang sampah sembarangan.

Tapi sepertinya hal tersebut tidak berlaku di desa ini. Sebuah desa di pulau Dewata yang bernama Desa Panglipuran, terkenal karena kebersihanya. Bahkan desa ini dijuluki sebagai desa ter-bersih di dunia! Desa yang terletak 45 KM dari Denpasar ini sangat bersih dan sempat disebut-sebut menjadi 3 desa ter-bersih di dunia. Tepatnya pada tahun 2016 lalu, desa ini dinobatkan menjadi 3 desa ter-bersih dunia bersanding dengan Giethoorn-Belanda dan Mawlynnong-India.


(image-blogspot.com)

Jumlah penduduk di desa ini ada 985 dan sekitar 234 kepala keluarga tinggal di tempat ini. Yang uniknya, hampir semua rumah di desa ini memiliki bentuk arsitektural yang mirip. Hal tersebut tentunya membuat desa ini terlihat lebih rapih dan bagus. Suasana hijau yang asri sudah terasa sejak masuk ke dalam desa. Makin terlihat menarik karena ternyata pintu masuk ke desa ini adalah sebuah candi yang bernama candi Bentar. Banyak turis mancanegara yang berkunjung ke tempat ini untuk merasakan budaya Bali yang kental dan kebersihan desa ini yang membuat pelancongnya betah berlama-lamaan tinggal di desa ini.

Waktu upacara Galugan, sepertinya menjadi waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini. Tapi sebenarnya hari apapun tetap terasa baik. Apalagi saat musim kemarau. Cuaca yang terik tidak terasa, karena keasrian dan kesejukan desa ini tetap akan terasa. Tiket masuknya juga tergolong murah. Hanya sekitar Rp15.000 untuk wisatawan lokal dan Rp20.000 untuk wisatawan internasional. Selain itu, kamu juga bisa sewa motor untuk berkelilig desa ini. Biayanya hanya Rp75.000, murah kan?

Mumpung masih musim liburan nih, nggak ada salahnya mengunjungi tempat tersebut. Segera pesan tiketnya dan rasakan kebersihan desa dan indahnya budaya Bali.



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE