Kemegahan Graha Maria Annai Velangkanni Medan | Breaktime
Kemegahan Graha Maria Annai Velangkanni Medan
26.12.2016

B’Timers, pernahkah Anda memandang tempat peribadatan umat beragama di kota Anda dan menebak-nebak inspirasi dari arsitektur tersebut. Pada umumnya Anda akan menemukan bentuk kubah pada masjid meniru desain bangunan masjid di wilayah Semenanjung Arab, sedangkan kebanyakan gereja dengan atap runcingnya memberikan kesan bangunan-bangunan Eropa, dan lain sebagainya. Akan tetapi, pernahkah Anda menyaksikan gereja dengan bentuk seperti kuil umat Hindu?

Datanglah ke Jl. Sakura III nomor 7-10 di kota Medan, dan Anda akan dibuat terkecoh dengan penampilannya. Sekilas pandang, Anda akan mengira bahwa Graha Maria Annai Velangkanni merupakan kuil peribadatan umat Hindu. Akan tetapi Anda akan dibuat sangat terkejut karena bangunan tersebut ternyata adalah sebuah gereja yang dibangun oleh pastor yang bernama James Bharataputra di tahun 2001. 

Kemegahan Graha Maria Annai Velangkanni Medan | Breaktime
Kemeriahan lampu gereja saat malam hari

Desain interior dari gereja unik ini memang berbentuk sangat mirip dengan arsitektur kuil umat Hindu yang mungkin sering Anda lihat di negara India. Pastor James Bharataputra kabarnya memang mengambil inspirasi bangunan gereja ini dari kuil Hindu Velangkanni yang terletak di daerah India Selatan. Dan nampaknya hal tersebut dipengaruhi oleh jumlah penduduk Kristiani di Medan yang kebanyakan memiliki darah keturunan India.  

Begitu Anda menjejakkan kaki ke dalam bangunan gereja, Anda akan disambut dengan pemandangan khas yang sering Anda temukan pada gereja-gereja pada umumnya. Bagian interior gereja terlihat sangat elegan dan bersih dengan cat warna putih mulai dari dinding hingga atap serta hiasan patung yang menampilkan patung-patung Santo yang terpahat d i pilar-pilarnya. Di bagian langit-langit atap yang tinggi juga terdapat berbagai macam lukisan gambar yang semakin menambah keeleganan gereja.

Dan karena gereja ini termasuk fasilitas umum, Anda tidak akan dikenakan biaya apapun untuk memasuki area gereja. Namun, selama berkunjung harap tidak menimbulkan suara yang terlalu berisik, ya! (dkp)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE