Kelimutu Flores, Danau Terindah di Indonesia | Breaktime

ARTIKEL TRAVEL

Barry Kusuma

"Travel and Photography" Inspiring Photos & Video through the Lens.

Kelimutu Flores, Danau Terindah di Indonesia
21.12.2015

Pada uang kertas Rp 5.000 zaman dulu, kita sering melihat disalah satu sisinya bergambar danau dengan air tiga warna. Ya… danau itu merupakan danau Kelimutu yang terletak di Flores. Kini danau tersebut makin dikenal dan jadi tujuan wisata oleh banyak orang. Danua Kelimutu merupakan tempat wisata wajib yang harus dikunjungi saat ke Flores selain pulau Komodo. Bagi Anda yang belum sempat berkunjung ke sana, berikut ini kami berikan beberapa informasi mengenai danau Kelimutu.

Letak

Terletak di desa Pemo, kecamatan Kelimutu kabupaten Ende, propinsi Nusa Tenggara Timur. Danau Kelimutu adalah sebuah kawah yang berada dipuncak gunung Kelimutu. Gunung ini termasuk dalam gunung berapi. Berada pada ketinggian 1.631 meter dari permukaan laut.

Sejarah

Pertama kali, daerah sekitar gunung Kelimutu ditemukan oleh orang kebangsaan Belanda bernama Van Such Telen pada tahun 1915. Ia mengabarkan kepada warga sekitar bahwa ada sebuah danau yang memiliki tiga warna air yang berbeda-beda, namun masyarakat tidak langsung percaya, terlebih karena daerah gunung Kelimutu terkenal sebagai tempat angker. Warga akhirnya mempercayai setelah membuktikan secara langsung tentang keberadaan danau kelimutu.

Keindahan danau Kelimutu makin dikenal dan tersebar luas berkat sebuah karya Y. Bouman, pada tahun 1929 ia menggambarkan keindahan dan keunikan yang terdapat pada danau Kelimutu sehingga hal tersebut mengundang orang lain tertarik datang untuk melihat dan meneliti tentang fenomena alam yang terjadi. 

Kelimutu Flores, Danau Terindah di Indonesia | Breaktime
Keindahan Danau Kelimutu

Hal Unik dan menarik Dari Danau Kelimutu

Beberapa poin penting mengenai daya tarik yang terdapat di danau Kelimutu serta hal-hal lainnya bisa anda lihat dibawah ini:

Baca juga tentang: Misteri Tersembunyi Dibalik Danau-Danau Penghias Kelimutu

  • Danau Kelimutu  dikenal juga dengan danau tiga warna
  • Warna pada danau yaitu merah, biru dan putih namun pada saat tertentu dapat berubah menjadi warna lain seperti hijau, coklat, hitam, dll
  • Meski dari jauh terlihat berwarna, ketika para peneliti mengambil air danau selalu tampak bening
  • Danau Kelimutu sangat unik karena merupakan satu-satunya danau didunia yang memiliki warna berbeda-beda
  • Danau Kelimutu termasuk dalam kawasan konservasi alam nasional
  • Setiap bagian warna pada danau Kelimutu memiliki sebutan dan kepercayaan masing-masing oleh warga setempat. Pada danau bagian air yang berwarna biru disebut juga Tiwu Nuwa Muri, dipercaya sebagai tempat berkumpulnya jiwa pemuda-pemudi yang telah meninggal dunia. Bagian danau dengan warna air merah atau Tiwu Ata Polo dipercaya sebagai tempat roh orang yang semasa hidupnya berlaku jahat, sedangkan pada bagian warna air putih yang juga disebut Tiwu Ata Mbupu adalah tempat berkumpulnya jiwa/roh orang tua yang telah meninggal
  • Volume air danau kelimutu dapat mencapai sekitar 1.292 juta meter kubik
  • Pemisah antara bagian danau yang berbeda warna hanya dibatasi oleh batu sempit yang mudah hancur

 

Perubahan warna pada danau dapat disebabkan oleh adanya aktivitas gunung berapi yang masih aktif, pembiasaan cahaya matahari, adanya zat kimia dan mikroorganisme dalam air serta pantulan warna pada dasar atau dinding danau. 

Salah satu bagian danau yang berwarna unik
Salah satu bagian danau yang berwarna unik

Akses Menuju Lokasi

Dari kota Kupang, untuk menuju kota Ende dapat melalui jalur udara menggunakan pesawat, jarak tempuh sekitar 40 menit. Perjalanan diteruskan dengan angkutan umum menuju desa Kaonara yang memerlukan waktu 3 jam. Dari desa Kaonara, untuk menuju puncak danau Kelimutu dilakukan dengan berjalan kaki.

Fasilitas

Tak perlu khawatir jika ingin menginap disekitar danau Kelimutu karena beberapa fasilitas seperti cottage telah tersedia. Selain itu fasilitas lainnya adalah lahan parkir, pondok jaga, MCK, tempat pengamatan, pendopo, dan kantin.

Baca juga tentang: Begini Cara Traveling Smart ke Danau Kelimutu

 

Tips Smart Travel Foto

Peralatan lengkap dibutuhkan untuk menangkap momen terbaik
Peralatan lengkap dibutuhkan untuk menangkap momen terbaik

Destinasi di Indonesia saat ini sudah tidak tentu, cuaca cepat sekali berubah dan musim juga sudah tidak bisa ditebak. Ada baiknya jika kita sudah traveling jauh jauh, apalagi ke destinasi eksotis di Indonesia kita harus mempersiapkan gear untuk memotret sebaik mungkin. Karena akan sangat membuang uang jika kita sudah jauh tetapi tidak bisa memotret secara maksimal. Apa saja sih perlengkapan travel fotografer guna mendapatkan gambar terbaik memotret alam?

  • 1 buah lensa range 24-70mm untuk Full-frame Camera
  • 1 buah Lensa range 17-50mm for non full-frame camera
  • 1 buah lensa lebar range 11-16mm untuk foto Landscape
  • 1 buah lensa Tele Photo Range 70-200mm / 80-400mm
  • Membawa Tripod agar tidak noise dan memotret senja
  • Membawa External flash untuk fill in object
  • 3 spare Battery untuk cadangan Kamera
  • 4 Spare Memory card 8GB – 16GB
  • Membawa Macbook atau laptop untuk mengirim data / sharing foto foto di sosial media.
    selain untuk mengirim data, macbook dan laptop dibutuhkan untuk membackup foto di kamera.

 

Seorang Fotografer Travel yang baik selalu membawa dua Camera body, 1 kamera dipasang untuk lensa lebar dan 1 body kamera lainnya untuk dipasang lensa tele. Dua kamera dibutuhkan agar kita tidak perlu berganti ganti lensa pada saat di lokasi agar sensor tidak kotor, selain itu 2 kamera juga berfungsi untuk backup kalau terjadi sesuatu (misal kamera rusak masih ada backup).

Share This Article

Tagging: