Kelimutu & Danau Penghias Keindahan Alam Flores | Breaktime
Kelimutu dan Danau-danau Penghias Keindahan Alam Flores
21.12.2015

Pulau Flores di Provinsi Nusa Tenggara Timur terkenal dengan keindahan alam yang masih alami. Salah satu destinasi alam yang cukup unik dan terkenal adalah Danau Kelimutu.
Pesona Danau Kelimutu atau yang juga dikenal dengan sebutan "Danau Tiga Warna" memang sudah cukup terkenal di kalangan wisatawan domestik maupun mancanegara.
Selain Kelimutu, pulau Flores juga memiliki dua danau lain yang juga tak kalah indahnya dengan Danau Tiga Warna. Berikut tiga danau di Flores yang menarik untuk dikunjungi.

Baca juga tentang: Begini Cara Traveling Smart ke Danau Kelimutu

Sano Nggoang

Sano Nggoang merupakan danau vulkanik terbesar di Nusa Tenggara Timur. Kata "sano" dalam bahasa Manggarai berarti danau, sementara "nggoang" berarti menyala. Danau ini memang terbentuk dari aktivitas vulkanis dan merupakan danau belerang. Pada salah satu bagian danau ini juga terdapat pemandian air panas yang diyakini mampu menyembuhkan berbagai penyakit.
Danau Sano Nggoang terletak di Manggarai Barat, tak jauh dari Labuan Bajo. Untuk mencapai danau ini, wisatawan yang turun di Bandara Komodo atau pelabuhan Labuan Bajo bisa menyewa mobil.

Danau Ranamese

Danau berbentuk kerucut ini berlokasi di Ruteng dan merupakan bagian dari wilayah hutan Taman Nasional Alam Ruteng di Gunung Ranaka. Danau Ranamese berbentuk corong dan terbentuk dari bekas aktivitas gunung berapi purba. Danau Ranamese masih sangat alami, teduh, dan jernih sehingga wisatawan bisa melihat berbagai jenis ikan dari permukaan danau.

Kelimutu & Danau Penghias Keindahan Alam Flores | Breaktime

Danau Kelimutu

Dari sejumlah danau di Flores, Danau Kelimutu merupakan destinasi wisata alam yang paling terkenal. Danau ini berada di puncak Gunung Kelimutu, terdiri dari tiga kawah dengan komposisi dan warna air yang bisa berubah-ubah. Danau Kelimutu terletak di Moni, sekitar satu hingga dua jam perjalanan darat dari Ende.

Baca juga tentang: Smart Travel Tips, Berburu "Foto Langka" di Danau Kelimutu

Selain tiga danau di atas, sebenarnya masih ada beberapa danau lain yang ada di Flores, namun dengan akses jalan yang cukup sulit sehingga tak banyak mendapat perhatian wisatawan. Beberapa di antaranya adalah Danau Ranalona dan Danau Air Panas di Manggarai Timur, Danau Hano Limbung di Manggarai Barat, dan Danau Rana Kulan di Manggarai Timur. (za)

Share This Article