Kekayaan Flora di Gardens by the Bay, Singapura
Kekayaan Flora di Gardens by the Bay, Singapura
08.01.2017

Sebagai salah satu dari negara ASEAN, Singapura memiliki banyak tempat-tempat wisata yang memukau dan menarik wisatawan luar negeri, terutama wisatawan dari Indonesia. Tidak mengherankan memang, mengingat jarak antara kedua negara yang sangat dekat dan biaya transportasi ke Singapura yang tergolong cukup terjangkau.

Nah, jika Anda berencana untuk melakukan wisata ke Singapura pada saat liburan panjang, Anda wajib mampir ke taman botani di Singapura yang sangat terkenal yaitu Gardens by the Bay. Namun hal-hal apakah yang membuat taman wisata ini sangat terkenal hingga lintas negara?

Well, hal pertama yang menarik dari taman ini adalah arsitektur bangunan taman yang dirancang dengan penuh ketelitian dan pertimbangan yang sangat masak. Hal tersebut dapat Anda lihat dari lima jenis desain landscape dengan tema yang berbeda-beda. Selain itu, seluruh kubah greenhouse yang dibangun dirancang dengan konsep ramah lingkungan secara total dengan memaksimalkan akses terhadap angin dan air sehingga membantu keadaan di dalam tiap area konservasi tetap sejuk dan nyaman. 

Ayo wisata edukasi ke taman ini, B’Timers!
Ayo wisata edukasi ke taman ini, B’Timers!

Dome, Cloud Forest, Supertree Grove, dan lain sebagainya. Anda dapat melihat berbagai macam kekayaan flora yang tumbuh di berbagai negara dengan iklim yang berbeda-beda, seperti tanaman Mediterania di Flower Dome, tanaman-tanaman tropis di area Cloud Forest, dan lain sebagainya.

Salah satu tanaman yang paling menarik perhatian di Gardens by the Bay ini adalah sejumlah Supertree yang mendominasi area taman dengan tinggi mulai dari 25 meter hingga 50 meter. Struktur dari Supertree ini mengimitasi pohon, dan di badan pohon buatan tersebut terdapat berbagai macam tumbuhan menjalar seperti anggrek, serta tanaman pakis. Keindahan dari Supertree terlihat ketika malam hari dimana pohon raksasa ini dihiasi oleh lampu berwarna-warni yang sangat indah.

Hal yang mengejutkan adalah, lampu-lampu tersebut dihasilkan melalui proses yang mengimitasi proses fotosintesis pada tumbuhan dimana Supertree menggunakan energi matahari untuk menyalakan lampu-lampu tersebut. Selain itu, Supertree merupakan salah satu bagian inti dari sistem pengoperasian fitur-fitur di taman flora ini. Bisa dibilang, Supertree merupakan ‘jantung’ dari taman tersebut.

Taman ini tidak hanya menawarkan pemandangan botani yang beraneka ragam, tetapi juga dapat dijadikan sarana edukasi bagi keluarga mengenai pentingnya memanfaatkan energi alternatif yang ramah lingkungan dan tidak mencemari alam. (dkp)



artikel kompilasi
related img
icon maps
BALI
GUIDE
related img
icon maps
BALI
GUIDE
related img
icon maps
BALI
GUIDE