Keindahan Maritim di Pulau Pu Qhuoc, Vietnam | Breaktime
Keindahan Maritim di Pulau Pu Qhuoc, Vietnam
19.01.2017

B’Timers, musim liburan adalah saat yang tepat untuk berwisata bersama keluarga atau merencanakan getaway tour bersama teman-teman Anda. Anda mungkin telah mengunjungi hampir semua pulau di Indonesia dan terpesona dengan keindahan alam dan kearifan lokal yang dimiliki oleh masing-masing pulau, dan kini Anda ingin mengeksplorasi keindahan alam yang dimiliki oleh negara-negara lain. Nah, jika Anda ingin berwisata ke luar negeri dengan biaya yang hemat namun tetap menawarkan pengalaman wisata yang tak terlupakan, Anda wajib mampir ke Pulau Pu Qhuoc, yaitu sebuah pulau yang berada di salah satu negara ASEAN, yaitu Vietnam.

Vietnam adalah negara dengan kota-kota yang sangat sibuk, sehingga jika Anda menginginkan wisata alam yang tenang dan cukup jauh dari peradaban modern, Anda akan mengalami sedikit kesulitan. Akan tetapi masalah tersebut dengan segera akan sirna begitu Anda mengetahui pesona yang ada di Pulau Pu Qhuoc. Pulau Phu Quoc adalah sebuah pulau yang terletak kurang lebih 45 km ke arah Barat dari pulau induk dari negara Vietnam yang memiliki populasi penduduk sekitar 80.000 jiwa.

Populasi yang jauh lebih kecil dibandingkan pulau-pulau lain di Vietnam, serta keindahan perbukitan dan pantai berpasir putih merupakan penyebab mengapa Pulau Pu Qhuoc menjadi tempat wisata yang sangat sesuai bagi Anda yang ingin memisahkan diri sejenak dari hiruk pikuk kota. Akan tetapi jangan lantas menganggap bahwa pulau ini benar-benar terisolasi dari dunia luar. Pemerintah Vietnam juga memperhatikan perkembangan dari pulau ini sebagai salah satu tujuan wisata, dan membangun pelabuhan dan bandara kecil yang melayani penerbangan dari kota-kota di Vietnam ke Pu Qhuoc dan sebaliknya. Selain itu, Anda juga dapat mencapai pulau ini dengan menggunakan perahu ferry dengan harga tiket yang jauh lebih terjangkau daripada harga tiket pesawat.

Keindahan Maritim di Pulau Pu Qhuoc, Vietnam | Breaktime
Kapan lagi bisa menyaksikan laut seperti ini?

Setibanya Anda di sana, Anda akan disambut dengan hamparan pasir pantai berwarna putih bersih dan beberapa pohon kelapa yang menghiasi pantai. Pulau Pu Qhuoc merupakan bagian dari Taman Nasional yang menjadi habitat bagi berbagai macam hewan laut, mamalia darat, dan aneka serangga. Anda dapat menikmati keindahan dari aneka ragam terumbu karang berwarna-warni yang menjadi rumah bagi berbagai macam ikan dengan kegiatan snorkeling. Selain itu, saat malah mari menjelang, Anda juga dapat turut serta memancing cumi-cumi bersama dengan nelayan lokal. Atau, jika Anda tidak terlalu tertarik dengan kegiatan memancing, Anda dapat menyewa perahu dan melakukan tur yang berlangsung selama satu hari penuh , dimana Anda perlu merogoh kocek sebesar 2.000.000 VND, atau bisa jadi lebih murah tergantung dari destinasi yang Anda tuju DAN kemampuan menawar harga yang Anda miliki.

Salah satu pemandangan paling spektakuler yang tidak dapat Anda lewatkan selagi Anda berada di pulau ini adalah saat malam hari dimana pada jam-jam tertentu laut akan bercahaya dengan warna biru yang sangat terang sehingga seakan-akan Anda sedang menatap gugusan bintang di langit malam. Pemandangan magical tersebut disebabkan oleh plankton-plankton berjenis bioluminescent plankton yang dapat memancarkan cahaya dari tubuh mereka. Dan bagi Anda, pemandangan tersebut adalah momen yang sangat mengagumkan dan tidak dapat dilewatkan begitu saja.

Untuk menjelajahi kota kecil di pulau ini, Anda dapat berjalan kaki, atau menggunakan sepeda motor. Akan tetapi, Anda perlu sangat berhati-hati karena hampir sama seperti kasus yang dihadapi negara-negara berkembang lainnya, penduduk di pulau tersebut tidak selalu patuh dengan aturan lalu lintas, selain itu kondisi jalan yang cukup jelek menyebabkan Anda harus ekstra berhati-hati selama menyetir. Anda juga dapat menyewa kendaraan jeep atau taxi untuk menjangkau beberapa tempat wisata yang ada di pulau ini. Di Pulau Pu Qhuoc juga terdapat banyak tempat penginapan, walaupun ada baiknya jika Anda melakukan booking terlebih dahulu terutama jika Anda berencana untuk pergi ke sana pada waktu liburan panjang karena besar kemungkinan hotel-hotel tersebut telah penuh dipesan oleh wisatawan-wisatawan lain.

Bagaimana, B’Timers? Apakah Anda tertarik untuk menjadikan Pulau Pu Qhuoc sebagai obyek wisata dalam petualangan Anda? (dkp)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE