Keindahan Lembah Baliem Wamena Papua | Breaktime

ARTIKEL TRAVEL

Barry Kusuma

"Travel and Photography" Inspiring Photos & Video through the Lens.

Keindahan Lembah Baliem Wamena Papua
16.05.2016

B’timers, Lembah Baliem Wamena Papua adalah destinasi impian fotografer dan traveler, belum lengkap rasanya jika sudah banyak ke tempat indah di Indonesia tetapi belum pernah ke tempat ini. Keindahan lembah Baliem Wamena Papua mungkin hanya kita kenal lewat penggalan lirik lagu Slank berjudul Lembah Baliem.

Dari lagu tersebut sedikit banyak kita bisa membayangkan keindahan Lembah Baliem meski tak bisa menikmatinya secara langsung. Ya, Lembah Baliem bagaikan destinasi tidak terjamah yang ada di Indonesia. Destinasi wisata yang terdapat di jantung Pulau Papua ini memang menyimpan pesona keindahan alam yang luar biasa. Terletak tepat di tengah-tengah perbukitan.

Keindahan Lembah Baliem Wamena Papua | Breaktime
Keindahan alam lembah Baliem

Letaknya yang berada di tengah pegunungan dan dikelilingi perbukitan membuat Lembah Baliem punya cuaca yang sangat unik, ketika ke sini saya teringat dengan 4 musim dalam 1 hari seperti di Melbourne Australia. Di Lembah Baliem, cuaca malam hari sangat dingin, tetapi jika siang hari cuacanya sangat panas. Jika ke sini, B’timers harus kuat dan sehat fisik, perubahan cuaca yang ekstrem bisa mudah membuat badan sakit.

Selain keindahan budayanya yang terkenal, Lembah Baliem tak hanya punya kekayaan alam yang indah. Namun, bagi B’timers yang menyukai wisata budaya, Festival Lembah Baliem adalah pertunjukan budaya sekaligus menikmati pengalaman wisata budaya yang tak terlupakan. 

Keindahan Lembah Baliem Wamena Papua | Breaktime
Wisata budaya melihat event kolosal suku lokal

Di sini kita bisa melihat event kolosal suku-suku di Lembah Baliem keluar dan memperlihatkan budaya mereka. Festival Lembah Baliem merupakan atraksi aksi dan tari yang mengisahkan perang segitiga antara 3 suku yaitu Suku Dani, Suku Yali, dan Suku Lani.

Menurut masyarakat setempat festival ini merupakan simbol kesuburan dan kemakmuran yang divisualisasikan melalui peperangan antar suku. Festival ini merupakan tradisi turun temurun yang dilangsungkan setiap tahun bertepatan dengan hari kemerdekaan RI.

Keindahan Lembah Baliem Wamena Papua | Breaktime
Festival yang digelar selama tiga hari penuh

Festival Lembah Baliem yang digelar tiga hari penuh tentu memberi kepuasan tersendiri bagi para wisatawan. Uniknya festival yang mulai digelar tahun 1989 ini selalu dibuka dengan skenario perang di hari pertama.

Perpaduan budaya yang unik dan keindahan alam yang eksotis membuat Lembah Baliem menjadi destinasi wisata paling banyak dikunjungi oleh wisatawan mancanegara. Di tempat ini wisatawan bisa melakukan serangkaian aktivitas mulai dari memotret berbagai atraksi di Festival Lembah Baliem, hingga membaur dengan masyarakat lokal untuk memperdalam pengetahuan tentang tradisi suku-suku di pedalaman Papua.

Keindahan Lembah Baliem Wamena Papua | Breaktime
Akses yang tak mudah menuju Wamena

Untuk mencapai ke Wamena memang tidak mudah, dari transportasinya saja sudah mahal. Karena akses menuju ke Wamena memang hanya melalui pesawat. mendapatkan sesuatu yang sangat berharga dibutuhkan perjuangan keras, begitu juga ketika ingin menikmati keindahan Lembah Baliem Wamena Papua.

Para wisatawan harus melewati perjuangan panjang dalam perjalanan yang melelahkan. Sebenarnya lembah Baliem Papua ini bukan termasuk lokasi yang terisolir. Namun, untuk mencapai tempat ini dibutuhkan beberapa kali transit.

Keindahan Lembah Baliem Wamena Papua | Breaktime
Belajar budaya suku dan warga lokal

Bagi wisatawan yang berasal dari luar Papua maka pertama kali harus mendarat di kota Jayapura terlebih dahulu. Berikutnya perjalanan akan dilanjutkan menggunakan pesawat ke Wamena. Ada beberapa pilihan penerbangan yang disediakan menuju Wamena seperti Manunggal Air, Trigana, AMA, MAF, Yajasi, dan Pesawat Hercules.

Selain stamina harus prima berkunjung ke Lembah Baliem harus memiliki dana yang cukup bahkan lebih. Bagi wisatawan yang hanya membawa dana terbatas sebaiknya menyiapkan perbekalan makanan yang cukup sebelum sampai di Lembah Baliem. Hal ini sebagai langkah antisipasi sebab harga-harga di Papua, termasuk di Wamena masih sangat tinggi. Terlebih untuk harga makanan siap saji dan kebutuhan bahan pokok.

Keindahan Lembah Baliem Wamena Papua | Breaktime
Perpaduan alam dan budaya yang mempesona

Sebagai perbandingan harga satu barang di Jakarta harga di Papua bisa dua kali lipat atau bahkan lebih. Jadi secara keseluruhan, harga barang-barang di Papua apapun jenisnya hingga kini masih sangat mahal. Kondisi yang bisa dimaklumi sebab pendistribusian barang dari luar Papua harus menggunakan jalur udara. Artinya tak ada akses melalui jalur darat yang menghubungkan Papua dengan pulau lain, bahkan dari Jayapura ke Wamena sekalipun.

Keindahan lembah Baliem Wamena Papua sangat luar biasa. Satu keuntungan jika kita memiliki kesempatan untuk mengambil foto-foto eksotisme alam dan atraksi di pagelaran budaya Festival Lembah Baliem. Bahkan di tempat ini wisatawan juga bisa langsung berfoto bersama para penduduk asli Suku Dani yang mengenakan pakaian tradisional. Menikmati surga wisata Lembah Baliem tak cukup dituntaskan dalam satu hari. Minimal, tinggallah selama satu minggu, B’timers. (BK)

Share This Article