Keindahan Giant Lotus Danau Rana Tonjong yang Menghipnotis | Breaktime
Keindahan Giant Lotus Danau Rana Tonjong yang Menghipnotis
23.04.2015

Apabila di Kunshan (China) ada Lotus Lake Park, di Kaohsiung (Taiwan) ada Lotus Pond, di Kumphawapi (Thailand) ada Red Lotus Lake, di Kerala dan Srinagar (India) ada Vembanad Lake atau di negara-negara lainnya memiliki danau lotus yang sangat menakjubkan, pastinya B’timers tidak percaya apabila di Indonesia juga memiliki danau semacam itu. Bahkan, danau lotus ini memiliki teratai terbesar ke dua di dunia setelah yang ada di India.

Yup, di sebuah desa yang bernama Nanga Mbaling yang berada kurang lebih sekitar 3 km di utara Pota, Nusa Tenggara Timur, terdapat sebuah danau bernama Rana Tonjong yang terbentuk secara alami dan memiliki hamparan bunga teratai raksasa (giant lotus) yang dalam bahasa latin disebut Victoria Amazonica.

Keindahan Giant Lotus Danau Rana Tonjong yang Menghipnotis

Apabila B’timers ingin menikmati pemandangan hamparan teratai di Rana Tonjong, disarankan untuk pergi ke sana sekitar bulan April sampai awal Juni saja, karena bunga-bunga tersebut akan bermekaran hanya sekali dalam setahun.

Untuk menuju ke Rana Tonjong, Anda harus menempuh perjalanan jauh dengan medan yang lumayan sulit dan sangat menantang. Rute yang dapat diambil ada beberapa pilihan, B’timers dapat mengambil jalan dari arah Ruteng, Bealaing, Watunggong, Lengko Ajang atau juga dari Borong. Jarak tempuhnya sekitar 90-130 km dengan waktu perjalanan sekitar 4,5 sampai 5 jam.

Nama Rana Tonjong sendiri diambil dari bahasa masyarakat Manggarai Timur yaitu Rana berarti danau sedangkan tonjong adalah lotus atau teratai. Danau yang sudah terbentuk sejak ratusan tahun lalu ini memiliki luas sebesar 2,5 hektar. 

Selain menjadi tempat ‘nongkrong’ burung bangau dan belibis, di danau ini juga merupakan tempat hidup beberapa hewan lain seperti ikan gabus, lele sampai dengan katak dan beberapa ikan air tawar lainnya.

Uniknya, walaupun debit dari air danau menyusut, akan tetapi bunga-bunga teratai di atas danau tetap akan tumbuh dan bermekaran serta tidak layu atau bahkan mati. Ketika bunga teratai di Danau Rana Tonjong bermekaran, maka akan nampak biji teratai yang berukuran sebesar kacang dan dapat dimakan secara langsung.

Menurut orang-orang daerah sekitar danau, biji-bjian lotus Rana Tonjong memiliki banyak khasiat dan dapat menyembuhkan penyakit. Bahkan kabarnya, biji-bijian tersebut juga memiliki kadar protein yang cukup tinggi.

Walaupun sudah banyak baik wisatawan asing atau lokal yang mengunjungi tempat indah satu ini, akan tetapi infrastruktur pendukungnya masih sangat minim. Nah, kemasi perbekalan B’timers dan segera temui keindahan Rana Tonjong!

Share This Article