Keindahan Alami Wisata Kolam Susuk di NTT | Breaktime
Keindahan Alami Wisata Kolam Susuk di NTT
21.08.2016

B’timers sudah pernah dengar tentang wisata yang ada di NTT? Nusa Tenggara Timur memang punya banyak objek wisata alam yang indah, dan Kolam Susuk salah satunya. Wisata Kolam Susuk sendiri letaknya di Desa Dualaus, Kecamatan Kakuluk Mesak, Kabupaten Belu. Dari kota Atambua yang merupakan ibukota Kabupaten Belu, jaraknya sekitar 17 kilometer.

Kolam ini sudah ada sejak dulu kala dan terbentuknya secara alami. Masyarakat setempat memanfaatkannya untuk menangkap ikan, kepiting, udang dan lain-lainnya sebagai kebutuhan hidup. Yang membuat kolam ini menjadi tempat wisata adalah keindahannya.

Sudah terbentuk secara alami, Kolam Susuk tanahnya berwarna putih. Jadi, saat cahaya matahari menimpanya maka pantulan cahayanya terlihat berwarna putih seperti susu. Wah, indah ya, B’timers? Ini juga yang jadi alasan kini destinasi ini lebih akrab disebut dengan Kolam Susu.

Keindahan Alami Wisata Kolam Susuk di NTT | Breaktime
Wisata Kolam Susuk

Sebenarnya nama asli Kolam Susuk adalah karena kolam dreamy ini dikelilingi hutan bakau yang lebat, sehingga banyak nyamuk di sana. Akhirnya, dinamailah Kolam Susuk yang artinya dalam bahasa Indonesia adalah “kolam nyamuk”. Tak hanya bernyamuk, juga terdapat ribuan kelelawar, lalu ada juga kera jenis lokal, serta kepiting bakau dan sebagainya.

Pernah Kolam Susuk akan dipakai untuk budidaya bandeng serta udang. Tapi, karena tidak terawat dan tidak tertata, serta dikelola dengan baik oleh warga sekitar, lingkungan sekitar kolam tersebut jadi rusak. Namun kini, Kolam Susuk akan dipoles agar bisa menjadi destinasi wisata alam bahari untuk semua wisatawan yang ingin berkunjung.

Wah, ternyata Kolam Susuk ini punya makna juga ya, buat warga setempat. Apa B’timers sudah pernah berkunjung ke sini, atau merencanakan wisata ke Kolam Susuk ini? Jadikan kolam ini tempat wisata di travel list Anda berikutnya. (md)

Share This Article