Ke Lombok? Kunjungi Islamic Center di Mataram
Ke Lombok? Kunjungi Islamic Center di Mataram
03.07.2017

Budaya mudik atau pulang kampung saat hari raya Idul Fitri sudah menjadi tradisi tahunan masyarakat Indonesia. Tak terkecuali bagi B'timers yang tahun ini berkesempatan mudik ke Pulau Lombok.

Pulau Lombok yang merupakan destinasi wisata utama di provinsi Nusa Tenggara Barat kini punya ikon wisata religi baru, yakni Masjid Islamic Center Lombok.

Masjid Islamic Center Lombok merupakan simbol kebanggaan masyarakat Lombok yang mayoritas memeluk agama Islam. Lombok sendiri sebelumnya juga terkenal dengan julukan "Pulau Seribu Masjid".

Sebagai pusat kajian dan studi agama Islam, Masjid Islamic Center Lombok sangat mengajarkan kebersamaan dan solidaritas yang amat kuat di masyarakat Lombok yang terdiri dari suku asli (Sasak) dan pendatang.

Tahun lalu, masjid yang mampu menampung hingga 15 ribu jamaah ini menjadi pusat digelarnya Musabaqah Tilawatil Quran Nasional (MTQN) dan menarik minat wisatawan hingga lima ribu pengunjung pada bulan Februari.

Masjid Hubbul Wathan Islamic Center yang memiliki fasilitas ballroom dan ruang meeting menjadi ikon utama branding wisata halal Pulau Lombok. Sejumlah turis asing asal Malaysia, Brunei Darussalam, Thailand, Maroko, Afrika Barat, Singapura, Mesir, dan Turki pernah singgah di masjid ini untuk beribadah.

Meski berlabel wisata halal, masjid ini juga menarik minat wisatawan non-Muslim asal Belanda, Irlandia Utara, Inggris, Australia, hingga Prancis yang ingin melihat lebih dekat kemegahan masjid tersebut.

Pentas kesenian tradisional khas Lombok di kawasan wisata Islamic Center
Pentas kesenian tradisional khas Lombok di kawasan wisata Islamic Center

Kuliner dan souvenir

Kuliner khas Lombok seperti Ayam Taliwang dan Pelecing Kangkung sangat mudah dijumpai di warung-warung sekitar Masjid Islamic Center Lombok. Apabila B'timers ingin berburu souvenir, pedagang asongan yang menawarkan kaos hingga mutiara bisa dijumpai di kawasan masjid.

Akomodasi

Karena letaknya yang cukup strategis di pusat kota Mataram, berbagai pilihan hotel dari kelas homestay, bintang tiga, hingga bintang empat bisa menjadi pilihan B'timers saat berkunjung ke komplek wisata religi ini.

B'timers yang menginap di Senggigi atau Gili Trawangan pun tak perlu khawatir karena Masjid Islamic Center Lombok bisa dijadikan destinasi singgah saat berangkat atau pulang dari Bandara Internasional Lombok.

Transportasi

Akses menuju ke Masjid Islamic Center Lombok ini cukup mudah karena letaknya yang strategis di pusat kota Mataram. B'timers bisa sewa motor, mobil, atau naik taksi dengan arah Jalan Udayana. Dari kawasan yang ramai dengan stand kuliner saat malam ini sudah terlihat menara Masjid Islamic Center Lombok yang megah.



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE