Kathmandu, Surga di Nepal yang Tiada Duanya | Breaktime
Kathmandu, Secuil Surga di Nepal yang Tiada Duanya
29.03.2016

Bagi banyak orang, melangkah turun dari pesawat ke kota Kathmandu adalah pengalaman yang seperti gado-gado. Kenapa? Ya, karena ibukota Nepal ini memiliki pemandangan yang rusuh, suara bising dan bau menyengat, namun juga merupakan kota dengan sejuta keindahan yang mungkin ‘tak tersentuh’. Singkatnya, kota satu ini bisa menjadi kota yang memabukkan, melelahkan, namun juga menakjubkan.

Nepal memang pernah mengalami gempa bumi besar di tahun 2015 kemarin, hingga membawa kehancuran di sebagian kota, termasuk Kathmandu. Meski demikian, beberapa bagian kota masih utuh tanpa cedera dan untungnya, tidak banyak memakan korban jiwa. Kathmandu, kota yang terletak tepat di tengah bumi Nepal ini kaya akan warisan budaya, religi, ekonomi dan seni yang seakan tak pernah ada habisnya.

Terlepas dari kondisi wilayah dan sosial yang membuat miris, Kathmandu masih memiliki cukup pemandangan menakjubkan yang bakal membuat Anda sibuk selama seminggu. Persiapkan diri untuk menjelajahi 'real Nepal' sebelum waktu Anda habis di destinasi berikut ini, B’timers!

Wisata religi

Kathmandu, Surga di Nepal yang Tiada Duanya | Breaktime
Kuil-kuil di Kathmandu

Nepal, terutama Kathmandu, terkenal dengan sejumlah wisata religi yang menakjubkan. Tatanan candi-candi dan kuil dengan desain arsitektur yang menawan, di antaranya Hanuman Dhoka, Seto Machhendranath Temple dan lain-lain  Ditambah dengan suasana hikmat di mana berbagai macam agama bersanding dengan damai dan beriringan. Anda tidak akan lagi peduli dengan kondisi yang tampak setelah turun pesawat. Yang jelas, kuil-kuil di Kathmandu terlalu indah untuk tak dikunjungi.

Wisata alam

Kathmandu, Surga di Nepal yang Tiada Duanya | Breaktime
Pemandangan alam yang bisa disaksikan di bagian ibukota Nepal

Kathmandu punya satu tujuan wisata bernama Garden of Dream. Benar, Anda seolah berada di alam impian jika mengunjungi tempat ini. Terlepas dari guncagan gempa yang memporak-prandakan Nepal, taman ini masih berdiri dengan indahnya. Selain itu, Kathmandu juga memiliki sejumlah wisata alam berupa laut lepas dan pantai yang dijamin akan membuat Anda berdecak kagum dan tak hentinya memotret untuk mengabadikan keindahan.

Nah, selain kedua wisata di atas, di Kathmandu juga ada pasar seni yang cukup terkenal. Pasar ini terletak di sepanjang jalan Indra Chowk yang membuatnya menjadi jalanan tersibuk. B’tmers bisa mengunjungi pasar seni yang menawarkan berbagai pernak-pernik khas Kathmandu dan Nepal tersebut. Kebanyakan yang dijual adalah warisan kerajinan seni yang memiliki nilai artitis cukup tinggi.   

Kathmandu, Surga di Nepal yang Tiada Duanya | Breaktime
Salah satu contoh warisan kerajinan seni di Nepal

Nepal memang sedikit tak terdengar di antara ratusan negara yang memiliki destinasi wisata indah. Namun jika ditilik lebih jauh, Nepal juga punya secuil surga, bukan?

Share This Article