Karimun Jawa, Wisata Bahari Ala Karibia di Utara Jawa | Breaktime
Karimun Jawa, Wisata Bahari Ala Karibia di Utara Jawa
01.03.2015

B'timers ingin merasakan suasana pantai, kepulauan, dan keindahan bawah laut ala Karibia di sekitar Pulau Jawa? Lokasinya ada di utara Jawa Tengah, yaitu Karimun Jawa.
 
“Caribbean van Java”, demikian Belanda menjuluki kepulauan yang masuk wilayah Kabupaten Jepara ini. Tidak salah memang, karena Karimun Jawa menyimpan keindahan bahari yang membuatnya juga dikenal dengan sebutan "The Paradise of Java".
 
Karimun Jawa merupakan gugusan kepulauan yang terdiri dari 27 pulau. Beberapa diantaranya merupakan pulau berpenghuni, seperti Pulau Karimun Jawa, Pulau Kemujan, dan Pulau Nyamuk. Sementara pulau-pulau kecil lainnya tidak berpenghuni, seperti Pulau Menjangan Besar, Menjangan Kecil, Cemara Besar, dan Cemara Kecil.
 
Kepulauan yang ditetapkan sebagai Taman Nasional pada tahun 2001 ini ibarat pusatnya terumbu karang dan hampir 400 spesies fauna laut dan 242 jenis ikan di utara Jawa Tengah. Termasuk fauna langka lainnya seperti elang laut dada putih, penyu sisik, dan penyu hijau.

Karimun Jawa, Wisata Bahari Ala Karibia di Utara Jawa

Traveler yang datang ke Karimun Jawa tentu tak akan melewatkan sensasi berenang di kolam hiu yang jinak di Pulau Menjangan Besar. Di kolam seluas kurang lebih 70 meter persegi ini B’timers bisa berenang di antara beberapa ekor hiu sepanjang 1 meter tanpa khawatir akan diserang. Selain hiu, pulau ini juga menjadi pusat penangkaran bintang laut, ikan gabus, kepiting, dan penyu.

Karimun Jawa, Wisata Bahari Ala Karibia di Utara Jawa

Puas bercengkerama dengan hiu, Anda bisa menuju area snorkeling di sekitar Pantai Barakuda, dan Pantai Nirwana, dengan pemandangan taman bawah laut dan ikan warna-warni khas perairan Karimun Jawa.

Karimun Jawa, Wisata Bahari Ala Karibia di Utara Jawa

 
Menjelang petang, spot terbaik di Karimun Jawa adalah Pantai Ujung Gelam, di mana Anda bisa melakukan island hopping sambil menunggu matahari tenggelam. Pantai ini merupakan salah satu lokasi terbaik untuk menikmati sunset di Kepulauan Karimun Jawa.

Karimun Jawa, Wisata Bahari Ala Karibia di Utara Jawa

Setelah seharian melakukan aktivitas laut, maka pada malam hari pilihan terbaiknya adalah menikmati kuliner khas pesisir pantai Karimun Jawa di alun-alun. Lokasinya terletak tak jauh dari dermaga Pulau Karimun Jawa. Di area ini tiap malam ramai berjejer pedagang kuliner seafood, minuman, dan beberapa penjual souvenir.

 How To Get There?

Semarang dan Jepara adalah dua pintu masuk utama menuju Karimun Jawa. Terdapat kapal ferry dari Semarang dan Jepara tiap dua hari sekali menuju Karimun Jawa. Jadwal penyeberangan bisa berubah sewaktu-waktu melihat kondisi ombak. Lama penyeberangan dengan kapal cepat adalah 2-3 jam, sedangkan dengan kapal ferry kurang lebih 4-5 jam.
 
Waktu terbaik untuk menikmati keindahan Karimun Jawa adalah sekitar bulan April-Juni dan September-Oktober. Pada pertengahan dan akhir tahun ombak relatif besar dan sering terjadi wisatawan "terjebak" di Karimun Jawa disebabkan kapal tidak berlayar.
 
Meski demikian, ombak besar tak menyurutan minat traveler untuk berkunjung ke "Paradise of Java”. Bagaimana dengan B'timers?

Share This Article